SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

08 September 2009

Tagged Under:

soal facebook...

Share

udah lama ditahan. tapi ini saatnya saya bersuara.. *halah*


foto: jepretan saya
model: seorang teman..sayangnya fitur unfriend itu tidak ada di facebook


dulu, button "send friend request" di halaman profile saya ga ada.
sampai suatu saat Linda -teman kuliah saya- mengirim pesan "Ci kog ga bisa di add.. add gw ya"

dulu, kalau kamu mencari saya di facebook pasti tidak ketemu..
karena hanya friends dan friend of friends yang bisa liat saya.
Sampai suatu saat saya bertemu teman baru di luar pergaulan saya. Dia ga bisa nge-add saya.. saya ga bisa nge-add dia (karena ternyata dia juga ga bisa dicari). Hilanglah satu teman.

sekarang setelah saya bisa dicari dan button "send friend request" itu ada. banyak banget yang pengen nge-add.

Saya senang..bersyukur. Selain profilesaya menjual juga karena resolusi tahun 2009 saya adalah menambah teman.

saya dulu pengguna friendster. Pakai nama alias juga. Dan selalu mengapprove friend request.

hasilnya apa?

friend list saya banyaaaaak.
saya kenal mereka? beberapa.. sebagian kecil mungkin.
setelah pindah ke facebook apa saya meng-add mereka? ga..saya ga kenal.
ga menjadi kenal bahkan setelah bertahun-tahun "berteman" di friendster.

belajar dari situ..saya ingin di facebook jadi ajang reuni dengan teman lama dan menambah teman baru.

makanya saya pakai nama asli biar gampang dicari (iya ini saya nyepet kalian-kalian yang bukan ababil tapi masih memakai nama alias),
makanya saya pakai foto wajah jelas karena banyak yang namanya suci humaira (humairo/humairoh) di dunia ini. (iya ini nyepet kamu yang fotonya bukan wajah sendiri)

Jadi kalau teman saya ga yakin nama lengkap saya, dia bisa liat foto saya.
Jadi kalau teman saya cuma ingat muka doang, ga ingat nama..dia bisa tanpa ragu-ragu meng-add saya.

#pelajaran 1 di facebook
bukan ababil?? maka gunakan nama asli dan foto wajah.
karena saat anda mengupadate status, saya akan melihat ini status siapa? jangan ngerepotin saya dengan harus mengklik profile anda untuk bisa berkomen-komen agar kita makin dekat..agar kamu bukan sekedar nama di friend list saya.. agar saya kenal kamu.

nah hal lain yang bikin saya gemes sama pengguna fesbuk adalah "orang-orang yang meng-add saya tapi tidak mau repot-repot mengirim pesan" kalau itu teman lama aka teman saya di dunia nyata saya pasti maklum. Mereka yakin kalau saya ingat mereka. kalau saya tidak ingat, saya pasti meluangkan diri melihat profile mereka dan berlagak detektif untuk mengetahui hubungan kami.

masalahnya adalah orang-orang yang cuma saya kenal di dunia maya atau bahkan belum pernah berkenalan. mereka tetap tidak mau repot-repot mengirim pesan. ya Allah..mereka optimis akan kemampuan otak saya, sehingga bisa tau mereka siapa.

misi saya..saya ingin menambah teman..bukan friend list aja.. jadi saya harus mengetahui kalau mereka satu visi dan misi dengan saya. mereka ingin menambah teman bukan hanya banyak-banyakan teman.

#pelajaran no 2 di facebook
apa susahnya saat anda meng-add seseorang, anda menulis
"hai saya ira (suci) silent reader nya blog anda..salam kenal"
"hai saya ira yang ikutan baraya blogger kemarin"
"assalam mualaikum pak.. saya suci mahasiswa unpad, dulu pernah ikut kelas m. keuangan bapak"

ga susah kan?? trust me..saya cuma pernah direject sekali saat ingin berkenalan dengan metode ini.

bahkan hanya dengan alasan sopan santun, saat saya yakin mereka kenal saya -mantan anak kostan, mantan anak kompleks, etc- saya tetap memperkenalkan diri. biar mereka ngeh dan proses pertemanan menjadi lancar-langsung di approve maksudnya-.

dengan anda menyertakan perkenalan seperti itu saya jamin saya akan lebih mengenal anda..

contohnya nih.. anda kenal saya dari blog... maka saya akan membaca blog anda. lalu saya meninggalkan jejak di wall anda..katakan "blognya lucu... suka deh" tambah intim kan?

anda kenal saya dari group backpacker, lalu saat anda mengupload foto-foto perjalanan, saya akan berkomentar "wahhh pergi sama X ya? keren..budgetnya berapa?"
see..ada komunikasi. ITU TEMAN -di kategori saya-.

kalau saya ga tau kesamaan minat dan sejarah kita apa..berani sumpah saya ga pernah komen2 di status situ.

akhir kata *ceile* fesbuk anda hak anda. fesbuk saya hak saya. kalau keberatan, mungkin kita tidak berjodoh.


Ps:
saya sampai ke keputusan ini setelah mencoba metode mengirim message ke setiap orang yang meng-add saya dan mengatakan
"hai..makasih sudah di-add. ini siapa? kenal saya dimana?"

beberapa menjawab dengan tepat..yang lain menjawab

"gw irfan."
udah aja.. *dalam hati: iya gw tauuuuuu. kan ada nama lu*

beberapa tidak menjawab *gubrak*

beberapa menjawab "saya cuma suka kenalan"
mmmm saya reject... ga ada kesamaan minat yang jelas..kecil kemungkinan kita akan berbalas komen.

beberapa menjawab "ga..kita blum pernah ketemu"
lantas?? bilang dong "sesama penggemar ollie kutukutubuku" -kasus nyata-

karena saat anda menekan "send friend request" di profile saya, ada pemicunya..Sebutkan!!


bahkan yg paling sepele sekalipun seperti "komen lu di status X lucu..jadi pengen kenalan" atau "fotonya cantik" wahahhaahhhha...udah akur saja di foto saya terlihat langsing dan cantik..

karena ada orang yang meng-add sebagian besar anak manajemen 2004, padahal dia bukan anak manajemen. dan orang-orang yang mengapprove dia, mengira dia anak mene berdasarkan mutual friends.

#pelajaran no 3 di facebook
mutual friends tidak berguna, karena teman kamu mungkin tidak sehati-hati (atau sekurangkerjaan) kamu.
karena cuma "full time thesis writer and non profit"-iya itu saya- yang punya waktu bwat ngirimin pesan dan ngeliatin profile orang-orang.

update:
#pelajaran no 4 di facebook
anda mengetahui no handphone teman anda dari profilenya? harap dipahami, teman anda itu ingin mempermudah anda untuk menghubunginya.
hendak mengirim sms?
gak perlu misscall hanya untuk memastikan nomornya benar. Dimana-mana aturannya sms dulu, tunggu sebentar, tidak dibalas? baru telepon.
dan jangan lupa menyantumkan nama kalau anda baru sekali itu -setelah bertahun2- meng-sms-nya. Orang baik akan mencantumkan nama. Orang iseng tidak mencantumkan nama. dan saya tidak tertarik dengan orang iseng.
Post a Comment