SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

01 March 2010

Tagged Under: ,

Belajar Berenang

Share

Inget ga.. kalo resolusi saya tahun lalu Bisa Berenang? Nah. akhir tahun 2009 kemarin saya baru mulai belajar -hahaha-. Alhamdullilah Awal tahun ini udah bisa. Walau belum cihui. Walau gayanya baru bisa gaya katak campur gaya bebas. Walau berenang dari ujung ke ujung aja lamaaaaa banget. Apalagi disuruh bolak balik. Tapi kalau ditinggal di kolam 2 meter.. saya udah bisa.. hahaha.

Belajarnya sendiri. Liat-liat orang berenang dan nguping instruktur-instruktur. Dimulai dengan meluncur-luncur di kolam renang 50 cm. Kakinya dikepak-kepak ala gaya bebas.. tangannya diem. Udah bisa.. Saya mulai mencoba di kolam semeter lebih... Karena ribet dengan gerakan tangan gaya bebas yang harus miringin kepala ke kiri, kanan, dan ke bawah.. saya coba gaya kodok yang minim cipratan. Tangannya okeeee... tapi kakinya alah mak jang..bikin lama.. Jadi saya memutuskan "tangan kodok kaki bebas" adalah gaya berenang saya. Hahahahaha.

Saya berenang di Sabuga. Ladies Program nya cuma setiap senin mulai pukul dua siang sampai lima sore. Ini oke banget karena senin pagi airnya baru diganti. Hahaha.. jernihhhh. Biayanya juga cuma 6ribu saja.. hoho...

berikut tips-tips berenang yang saya dapat dari belajarrenang.com

Kenali Tubuh Anda, dengan cara

1. Tarik napas, kemudian tahan
2. Posisikan badan terlungkup di permukaan air dengan wajah di dalam air
3. Perlahan angkat kaki, sehingga membentuk posisi “jellyfish float”
4. Mintalah rekan anda untuk menilai mengapung atau tenggelam

Bouyancy dikatakan positif jika mengapung dan negatif jika tenggelam. Namun juga ada yang diantaranya (melayang). Buoyancy positif mudah untuk belajar renang, namun sulit menyelam. Sedangkan buoyancy negatif sebaliknya.

Adaptasi Pernapasan

TIDAK PERLU MENARIK NAPAS YANG DALAM SAAT BERENANG
karena anda dapat menahan napas lebih lama jika menarik napas seperti biasa.

KURANGI KEBIASAAN MENAHAN NAPAS JIKA SEDANG BERENANG
karena paru-paru bekerja lebih cepat saat kekurangan oksigen. Sehingga frekuensi benapas anada meningkat.

Jadi gimana dong?
bernapas seperti biasa saja. Tarik napas saat kepala ada di atas air.. buang napas melalui mulut saat di dalam air. *yang buang napas ini belum saya coba. Biasanya buang napas saat di atas juga..dan cepat-cepat tarik napas. Hihi*

Adaptasi Postur

Jika setiap kali mengapung dengan posisi terlungkup, kaki anda tenggelam, maka koreksi posisi kepala anda. COBA LAKUKAN DENGAN MELIHAT KE DASAR KOLAM.

Jika setiap kali mengapung dengan posisi terlentang, kaki anda tenggelam. maka koreksi posisi kepala anda lagi. Haha. COBALAH MELIHAT KE ATAS, DAN USAHAKAN TELINGA MASUK KE DALAM AIR.

Oke..selamat belajar.. cita-cita saya bisa snorkling dan diving saat jalan-jalan ke pantai.
Post a Comment