08 March 2010

Tes PCPM Bank Indonesia



Haha.. Iya.. coba lagi.com. Jadi ceritanya saya sudah sampai tahap akhir mendapatkan pekerjan impian saya, tinggal satu langkah lagi. Dan saya gagal. Kecewa? Pastinya. Walau semua orang bilang "Gila.. hebat ya.. baru pertama kali ikutan udah sampai tahap wawancara user. fresh graduate pula" Enggak.. ga bangga. Yang lain juga baru pertama kali ikutan.. dan lolos tuh. Iya sih ini wawancara user pertama saya. Saya deg-degan. Saya takut duluan. Dan voila.. pertanyaan mudah pun ga bisa saya jawab. Beneran.. otak saya berhenti bekerja di depan bapak staf ahli gubernur itu. Hihi. Soalnya begitu keluar dan duduk di ruang tunggu. Saya langsung dapat jawabannya. Huahua.. mau nangis.

Makanya saya ga terlalu menanti pengumuman kali ini.. habisnya udah merasa gagal banget. Bego banget. Hmmm. Pelajaran pahit. Kalau peserta lain bilang "Bapak itu nanyanya detail banget.. susah" Tutup kuping.. pede aja.. biar otak tetap jalan. Walau sulit ya.. abis yang bilang begitu karyawan pertamina, pegawai pemerintah, karyawan perusahaan internasional, lulusan S2 luar negeri, atau pegawai bank asing. Saya kan jadi jiper.

Oke.. mari berbagi tesnya bagaimana

1. Seleksi Administrasi online

Cara lulusnya bagaimana? Ya disesuaikan dengan kriteria yang diminta ya. Tapi ga ada gunanya juga kalau ngibul. Karena nanti kita kan harus menyerahkan dokumen pendukung. Paling tips saya kalau masih ngambil S2 dan belum sidang, jangan pilih lulusan S2. Itungannya saudara masih lulusan S1. Banyak yang gagal gara-gara ini. Saya waktu daftar memang belum sidang sih, tapi sudah daftar sidang dan optimis lulus. Jadi boleh pakai Surat Keterangan Lulus.
Selanjutnya saya anjurkan mengambil TOEFL ITP -kalau ada dananya- soalnya nilai Toefl yang diminta kan minimum 500, kalau ngambil test toefl sebelumnya kita jadi tau hasilnya kan? kalau kurang dari 500 ya test lagi sampai 500. Nah kalau test di BI, kesempatannya kan cuma sekali.
Btw saat pengumuman pertama nama saya ga ada loh. Nama saya baru muncul setelah ada pengumuman lolos test toefl online untuk peserta yang belum memiliki sertifikat toefl. Iya.. mungkin saya cadangan dan ternyata banyak yang ga lolos tes toefl.
Trus ga semua sertifikat toefl diterima ya, bertanya kepada panitia wajib hukumnya.

Tempat-tempat yang menyelenggarakan test Toefl ITP dan harganya bisa dilihat disini Kalau saya ikutan yang di ITB, cuma ada sebulan sekali dan harganya Rp 250.000.

2. Tes Psikotest

Karena saya punya sertifikat Toefl saya langsung test psikotest.

Triknya, test saat jam makan siang. Jadi kantor sepi dan koneksi internet lancar. Kerjakan sendirian, kalau banyak orang jadi pusing dan waktunya mepet sehingga ga mungkin diskusi. Tapi ditemani seorang ahli komputer/pemograman saat test juga penting. In case loh.. ada apa-apa mereka ngerti kita harus bagaimana.

Jangan curang soalnya nanti ditest lagi di tahap selanjutnya.

Kalau ada apa-apa saat test misalnya gambar ga muncul langsung tutup jendelanya dan hubungi panitia. Waktu itu saya menghubunginya via Ym.

3. Test Pengetahuan Umum, FGD, dan wawancara HR

Sebelum test kita diharuskan membawa kelengkapan dokumen-dokumen. Kalau dokumennya tidak lengkap atau tidak sesuai dengan pendaftaran online ya kudu pulang. Jadi datang lebih awal. Jangan mepet. Sejam sebelum kalau perlu. Biar ga ngantri lama.

Test pengetahuan umumnya soal perbankan, ekonomi, dan Bank Indonesia. Jadi baca web BI, baca buku ekonomi, dan baca buku perbankan. Baca UU BI juga.

Selanjutnya Wawancara HR. Triknya? Mmm.. pede aja kali ya. yang ditanya soal pribadi masing-masing sih jadi jujur aja dan percaya diri. Pokoknya gimana kita menjual diri.

FGD. Kita diberi satu topik, satu pertanyaan, lalu diminta berdiskusi. Triknya Jangan diam. Harus sering ngomong-yang berisi pastinya-. Jadi ngomongnya jangan nunggu giliran. Tapi tetap sopan ya. Jangan terlalu berapi-api juga lalu ga mau dengerin orang lain. Yang biasanya kepilih itu yang jadi pemimpin.. ini sistemnya siapa cepat dia dapat. Kalau ga bisa jadi pemimpin ya jadi ngawasin waktunya. Kalau keduluan orang, cara lain menonjolkan diri adalah memiliki pendapat yang berbeda dari sebagian besar peserta. Tapi harus pintar sehingga dapat mempengaruhi beberapa orang dan pendapat kita ga gampang dipatahkan.

Trus kalau bisa memberikan kontribusi, seperti mengusulkan metode diskusi yang lebih efektif dan cepat juga bagus. Pokoknya harus ada kata sepakat dan ga pake sistem voting.

4. Test Kesehatan dan Psikometri

Detox itu bohong kata BBC, jadi ga ada gunanya puasa ini itu sebulan sebelum test kesehatan. Kebanyakan yang ga lulus karena jantung (olahraga wajib hukumnya), paru-paru (udah dibilangi merokok itu ga bagus), Narkoba (No Comment), dan penyakit seksual. Jadi tipsnya jadilah anak muda yang cerdas, hidup sehat, ga merokok, ga pakai narkoba, dan ga do sex before maried apalagi free sex ya teman?

kalau Psikometri itu test menjawab ya atau tidak untuk 567 pertanyaan. Tipsnya jujur. Karena yang dilihat konsistensi kita. Jadi kalau bohong -karena terpaksa- bohongnya harus konsisten. Hihi. Truus langsung jawab aja. Ga usah banyak dipikir apalagi dikosongin dulu. Banyak Boo.. ribet kalau harus dicek ulang. Ga sempat juga. Waktunya sih bebas. tapi biasanya yang lebih/kurang dari sejam kebanyakan ga konsisten. Jadi aja ga lolos.

5.Wawancara Akhir

Jadi kita diwawancara oleh 3 orang, sekaligus. Dua dari SDM dan satu staff ahli. Sebelumnya dikasih tau gaji berapa, fasilitas apa saja, penalti gimana, dsbnya. Tips saya banyak baca koran, khususnya soal ekonomi internasional, baca buku ekonomi makro, baca kasus terbaru (misalnya krisis global, krisis eropa, dan bank century) dan pede. Yang penting logika jalan. Haha.

Trus.. perusahaan gede jamuannya juga beda ya..hihi.. Pagi-pagi kita langsung disuguhi kopi/teh/aqua dan kue-kue. Siang makan Gokana Teppan dan dilanjutkan dengan minum jus, buah-buahan, dan kue lagi. Kalau ga deg-degan berat dan kecewa abis.. udah saya habisin tu makanan..dibungkus juga. Haha

Yo weis gini aja. Sampai ketemu di PCPM XXX ya. Hihi

Selama proses seleksi saya juga melirik web-web berikut:
a) Kopi dangdut
b) Osinaga, dan
c) http://asyafrudin.blogspot.com

46 comments:

Post a Comment

 

©2009capcaibakar | by TNB