08 March 2010

Tes PCPM Bank Indonesia



Haha.. Iya.. coba lagi.com. Jadi ceritanya saya sudah sampai tahap akhir mendapatkan pekerjan impian saya, tinggal satu langkah lagi. Dan saya gagal. Kecewa? Pastinya. Walau semua orang bilang "Gila.. hebat ya.. baru pertama kali ikutan udah sampai tahap wawancara user. fresh graduate pula" Enggak.. ga bangga. Yang lain juga baru pertama kali ikutan.. dan lolos tuh. Iya sih ini wawancara user pertama saya. Saya deg-degan. Saya takut duluan. Dan voila.. pertanyaan mudah pun ga bisa saya jawab. Beneran.. otak saya berhenti bekerja di depan bapak staf ahli gubernur itu. Hihi. Soalnya begitu keluar dan duduk di ruang tunggu. Saya langsung dapat jawabannya. Huahua.. mau nangis.

Makanya saya ga terlalu menanti pengumuman kali ini.. habisnya udah merasa gagal banget. Bego banget. Hmmm. Pelajaran pahit. Kalau peserta lain bilang "Bapak itu nanyanya detail banget.. susah" Tutup kuping.. pede aja.. biar otak tetap jalan. Walau sulit ya.. abis yang bilang begitu karyawan pertamina, pegawai pemerintah, karyawan perusahaan internasional, lulusan S2 luar negeri, atau pegawai bank asing. Saya kan jadi jiper.

Oke.. mari berbagi tesnya bagaimana

1. Seleksi Administrasi online

Cara lulusnya bagaimana? Ya disesuaikan dengan kriteria yang diminta ya. Tapi ga ada gunanya juga kalau ngibul. Karena nanti kita kan harus menyerahkan dokumen pendukung. Paling tips saya kalau masih ngambil S2 dan belum sidang, jangan pilih lulusan S2. Itungannya saudara masih lulusan S1. Banyak yang gagal gara-gara ini. Saya waktu daftar memang belum sidang sih, tapi sudah daftar sidang dan optimis lulus. Jadi boleh pakai Surat Keterangan Lulus.
Selanjutnya saya anjurkan mengambil TOEFL ITP -kalau ada dananya- soalnya nilai Toefl yang diminta kan minimum 500, kalau ngambil test toefl sebelumnya kita jadi tau hasilnya kan? kalau kurang dari 500 ya test lagi sampai 500. Nah kalau test di BI, kesempatannya kan cuma sekali.
Btw saat pengumuman pertama nama saya ga ada loh. Nama saya baru muncul setelah ada pengumuman lolos test toefl online untuk peserta yang belum memiliki sertifikat toefl. Iya.. mungkin saya cadangan dan ternyata banyak yang ga lolos tes toefl.
Trus ga semua sertifikat toefl diterima ya, bertanya kepada panitia wajib hukumnya.

Tempat-tempat yang menyelenggarakan test Toefl ITP dan harganya bisa dilihat disini Kalau saya ikutan yang di ITB, cuma ada sebulan sekali dan harganya Rp 250.000.

2. Tes Psikotest

Karena saya punya sertifikat Toefl saya langsung test psikotest.

Triknya, test saat jam makan siang. Jadi kantor sepi dan koneksi internet lancar. Kerjakan sendirian, kalau banyak orang jadi pusing dan waktunya mepet sehingga ga mungkin diskusi. Tapi ditemani seorang ahli komputer/pemograman saat test juga penting. In case loh.. ada apa-apa mereka ngerti kita harus bagaimana.

Jangan curang soalnya nanti ditest lagi di tahap selanjutnya.

Kalau ada apa-apa saat test misalnya gambar ga muncul langsung tutup jendelanya dan hubungi panitia. Waktu itu saya menghubunginya via Ym.

3. Test Pengetahuan Umum, FGD, dan wawancara HR

Sebelum test kita diharuskan membawa kelengkapan dokumen-dokumen. Kalau dokumennya tidak lengkap atau tidak sesuai dengan pendaftaran online ya kudu pulang. Jadi datang lebih awal. Jangan mepet. Sejam sebelum kalau perlu. Biar ga ngantri lama.

Test pengetahuan umumnya soal perbankan, ekonomi, dan Bank Indonesia. Jadi baca web BI, baca buku ekonomi, dan baca buku perbankan. Baca UU BI juga.

Selanjutnya Wawancara HR. Triknya? Mmm.. pede aja kali ya. yang ditanya soal pribadi masing-masing sih jadi jujur aja dan percaya diri. Pokoknya gimana kita menjual diri.

FGD. Kita diberi satu topik, satu pertanyaan, lalu diminta berdiskusi. Triknya Jangan diam. Harus sering ngomong-yang berisi pastinya-. Jadi ngomongnya jangan nunggu giliran. Tapi tetap sopan ya. Jangan terlalu berapi-api juga lalu ga mau dengerin orang lain. Yang biasanya kepilih itu yang jadi pemimpin.. ini sistemnya siapa cepat dia dapat. Kalau ga bisa jadi pemimpin ya jadi ngawasin waktunya. Kalau keduluan orang, cara lain menonjolkan diri adalah memiliki pendapat yang berbeda dari sebagian besar peserta. Tapi harus pintar sehingga dapat mempengaruhi beberapa orang dan pendapat kita ga gampang dipatahkan.

Trus kalau bisa memberikan kontribusi, seperti mengusulkan metode diskusi yang lebih efektif dan cepat juga bagus. Pokoknya harus ada kata sepakat dan ga pake sistem voting.

4. Test Kesehatan dan Psikometri

Detox itu bohong kata BBC, jadi ga ada gunanya puasa ini itu sebulan sebelum test kesehatan. Kebanyakan yang ga lulus karena jantung (olahraga wajib hukumnya), paru-paru (udah dibilangi merokok itu ga bagus), Narkoba (No Comment), dan penyakit seksual. Jadi tipsnya jadilah anak muda yang cerdas, hidup sehat, ga merokok, ga pakai narkoba, dan ga do sex before maried apalagi free sex ya teman?

kalau Psikometri itu test menjawab ya atau tidak untuk 567 pertanyaan. Tipsnya jujur. Karena yang dilihat konsistensi kita. Jadi kalau bohong -karena terpaksa- bohongnya harus konsisten. Hihi. Truus langsung jawab aja. Ga usah banyak dipikir apalagi dikosongin dulu. Banyak Boo.. ribet kalau harus dicek ulang. Ga sempat juga. Waktunya sih bebas. tapi biasanya yang lebih/kurang dari sejam kebanyakan ga konsisten. Jadi aja ga lolos.

5.Wawancara Akhir

Jadi kita diwawancara oleh 3 orang, sekaligus. Dua dari SDM dan satu staff ahli. Sebelumnya dikasih tau gaji berapa, fasilitas apa saja, penalti gimana, dsbnya. Tips saya banyak baca koran, khususnya soal ekonomi internasional, baca buku ekonomi makro, baca kasus terbaru (misalnya krisis global, krisis eropa, dan bank century) dan pede. Yang penting logika jalan. Haha.

Trus.. perusahaan gede jamuannya juga beda ya..hihi.. Pagi-pagi kita langsung disuguhi kopi/teh/aqua dan kue-kue. Siang makan Gokana Teppan dan dilanjutkan dengan minum jus, buah-buahan, dan kue lagi. Kalau ga deg-degan berat dan kecewa abis.. udah saya habisin tu makanan..dibungkus juga. Haha

Yo weis gini aja. Sampai ketemu di PCPM XXX ya. Hihi

Selama proses seleksi saya juga melirik web-web berikut:
a) Kopi dangdut
b) Osinaga, dan
c) http://asyafrudin.blogspot.com

46 comments:

Erma said...

PM dong soal gajinya :D

March 8, 2010 at 5:19 PM
raie said...

semangat mbak! :D

March 9, 2010 at 10:16 AM
batari saraswati said...

satu pintu ditutup, satu pintu buka lagi. hehe. lagipula, masih ada kemungkinan diterima kan ya? :)

March 9, 2010 at 10:41 AM
keblug said...

wah wah... ya udah 'coba lagi' ples tuker 'poin' ajah hihihi...
*ayo ayo tetap semuangad!

March 9, 2010 at 11:23 AM
suci humaira sophia said...

@erma ..udah.. haha

@raie IYA!! kamu juga semangat selesaiin TA ya..

@batari aminnnn

@keblug .. ga bisa tuker poin ini masalahnya..haa

March 16, 2010 at 2:10 PM
fitria said...

share dunk mb gaji nya BI berapa, fasilitas apa saja, penalti gimana, dsbnya...PM ya...thx mb..

May 29, 2010 at 10:00 PM
Anonymous said...

wuaahhh.. kerenzz.. bisa ikutan tesna BI.. Btw,gmana mb biar lolos tes administrasinya BI.. AKu dah noba taon kmaren tapi kok g bisa yah??? toefl aku 520 se?? kurang yah??

October 17, 2010 at 8:56 PM
Anonymous said...

jika kita hanya lulusan setara s1 (D4 STAN) bagaimana mas? memenuhi persyaratan administratif tidak? dan apakah sudah harus keluar dahulu dari ikatan dinas depkeu atau kita bisa keluar dari ikatan dinas depkeu setelah positif diterima?

terima kasih sebelumnya...

November 11, 2010 at 1:51 PM
capcaibakar said...

Kalau setara saya ga tau ya.. Coba ditanya sama panitianya. Kalau ga bisa kan bisa masuk yang buat D3, MLE.

Kalau sudah diterima saja baru keluar.

Mbak nih.

November 18, 2010 at 3:52 PM
Anonymous said...

wah.. telat nih baca blog nya...

kemaren aku jg ikut rekrutmen BI untuk posisi PTU untuk tamatan D3..

tapi sama.. gagal di tahap terakhir.. wawancara user..

ga boleh patah semangat.. musti intropeksi diri lgi..

anyway boleh minta emailnya gak nih? buat sekedar sharing aja.. buat persiapan seleksi PCPM selanjutnya..

salam
suezho@gmail.com

August 8, 2011 at 10:07 AM
capcaibakar said...

eh D3 udah pengumuman? kata temenku belum ada hasilnya di webnya. Iya coba terus.. apalagi udah samapai tahap terakhir. emailku iyra_keating(at)yahoo.com. Emailnya bikin malu.. hihi

August 9, 2011 at 9:25 PM
Anonymous said...

makasihhh infonyaa

perkenalkan namanya cheche

January 9, 2012 at 7:03 AM
Anonymous said...

mo coba ikutan tes BI taun ini..bisa tau standar gaji BI sebelumnya? saya baca2 di internet ko tergolong kecil ya? PM doong di dzulfdzalf[at]yahoo[dot]com.... :-)

January 10, 2012 at 10:33 AM
Anonymous said...

mo coba ikutan tes BI, denger2 tes kesehatannya hampir mirip dengna tes kesehatan untuk polisi. bener ga tuh

January 21, 2012 at 6:38 AM
capcaibakar said...

Standar gaji --> Lebih kecil dibandingkan mana ya? Kalau saya mau kerja di BI bukan karena gaji sih.. memang sudah impian. Jadi ga terlalu ngebandingin gaji-gajinya.

Tes kesehatan --> biasa aja kog tes kesehatannya. Keuangan malah ada lari kan? BI ga ada. Pertamina itu malah lebih banyak tes kesehatannya. BI(menurut saya) ya ga sebanyak itu. Tes darah, thorax, jantung, mata, dan umum aja.

January 28, 2012 at 5:48 PM
Anonymous said...

mau tanya soal tes Kemampuan Umum, Pengetahuan Umum dan Pengetahuan Khusus itu biasanya pake LJK dengan pensil 2B yak?kira2 dulu soalnya ada berapa dan berapa lama testnya??

January 29, 2012 at 9:35 AM
zefatsani said...

trims infonya sgt membantu, untuk tes awal kelengkapan berkas nya bmg ya? jika yg kerja haruskah ada surat keterangan kerja?

January 29, 2012 at 1:56 PM
Anonymous said...

Halo mba Capcaibakar, saya baca diatas boleh pakai Surat Keterangan Lulus..
kalau mba untuk SKL yang diberikan ke BI, fotokopian atau aslinya?
Soalnya saya baca ketentuannya Ijazah di legalisir. Jadi gimana tuh mba?

January 30, 2012 at 9:41 PM
Anonymous said...

mba capcai goreng,,,,ada ga yah info klo yg ketrima di BI ada yg bertattoo...maksudnya boleh ga ber-tattooo

January 31, 2012 at 8:35 AM
Anonymous said...

Selamat siang mbak. Saya mau bertanya perihal kelengkapan dokumen. Mohon kesediaan waktu dan kerelaan hati mbak untuk sudi kiranya menjawab pertanyaan saya.

1. Nama yg saya input sewaktu registrasi online adalah 'Mira Kusuma Siregar'. Namun saya baru sadar ternyata yg diminta adalah nama sesuai KTP, sdgkan nama di KTP saya 'Mira Kusuma'. Apakah ada kemungkinan saya juga diharuskan utk meninggalkan ruangan krn nama tidak sesuai/persis di KTP? tetapi di ijazah, nama saya 'Mira Kusuma Br. Siregar'

2. Mengenai ITP TOEFL, sewaktu mendaftar saya tidak tau kalo TOEFL yg diminta adalah ITP dgn logo ETS. Karenanya, saya memasukkan score dari sertifikat TOEFL yg diadakan oleh kampus saya. Apakah krn memasukkan score dari sertifikat yg bukan ITP TOEFL, saya juga memiliki kemungkinan untuk meninggalkan ruangan sebelum test dimulai?

Terimakasih sebelumnya mbak.

February 1, 2012 at 2:45 PM
capcaibakar said...

Tes Awal --> iya pakai pensil. LJK atau bukan saya lupa. Berapa banyaknya juga lupa. Ga seperti tes Bapenas sih seingat saya. Ga susah banget.

Zefatsani --. Kalau sudah kerja apakah perlu surat keterangan kerja? Waktu itu saya baru lulus. Jadi belum punya suarat keterangan kerja. Surat magang di perusahaan juga cuma punya satu dari 2. Tapi ga masalah kog. Karena pas saya verifikasinya tidak menanyakan surat keterangan pernah bekerja. Tahun ini beda ya?

SKL yang saya berikan itu yang fotokopian dengan cap basah.

Tatoo --> waktu tas kesehatannya ga telanjang seluruh badan kog. Jadi kalau ada tatoo di tempat tersembunyi ya ga keliatan. Trus kalau yang ber-tatoo ga boleh tentunya sudah disebutkan BI di awal kan ya. Jadi logika saya sih boleh saja.

Mbak Mira.. sepertinya ga masalah ya.. karena itu kan hanya masalah marga,. Tapi untuk jaga-jaga boleh baw paspor, sim, atau surat surat lain yang menunjukkan kalau nama Mbak memang itu.

TOEFLnya sih memang secara khusus diminta ITP. Jadi sebenarnya itu ga bisa. Mungkin nanti ada jalan keluar lain seperti ikut tes toefl seperti yang tidak punya. Coba saja dulu.

February 1, 2012 at 3:22 PM
Anonymous said...

permisi, mau tanya, bgmn kalau terjadi perbedaan IPK yg kita inputkan pd saat registrasi online dg IPK yg sebenerny?(trnyata IPK sy > IPK yg sy input),, krn pd saat registrasi online sy berada pd H-7 sidang sarjana jd di kolom IPK sy isi berdasarkan perkiraan saja,
mohon pencerahan, trimakasih

February 1, 2012 at 8:37 PM
Anonymous said...

Hi,saya buka pengumuman tes BI , lolos tapi gak jelas dimana tempatnya dan ruangnya dimana gak ada. udah si cek dari semalem ampe pagi msh ttp sama.. huhuuuhu.. untuk download daftar riway hidup, surat pernyatann dan kartu peserta juga gak ada link nya..
jadi gak tau bentuknya kaya gimana >_<
mohon bantuannya ya... bisa minta contohnya atau link nya???....
trims.... ;)

February 2, 2012 at 8:42 AM
capcaibakar said...

Perbedaan IPK --> Kalau ternyata IPK kita lebih besar daripada yg diinput kan tentunya ga merugikan ya.. jadi ga masalah sih. Pintar-pintar ngomong ke petugas yang menverifikasinya saja.

Tempat Tes --> seharusnya sih sudah tau ya tempat tesnya dimana. Kan sudah diumumkan tgl 31 kemarin. kalau DRH, surat pernyataan, dan kartu peserta itu memang cuma bisa didownload tanggal 30. Lewat tanggal itu ga bisa. Tertulis kog di pengumuman mereka.

February 2, 2012 at 9:33 AM
Anonymous said...

saya ingin tanya kalau "tes pengetahuan khusus" itu materinya mencakup apa saja? dan apakah bhs pengantarnya pake bhs indonesia atau inggris? trimakasih

February 2, 2012 at 10:57 AM
KASKUSER said...

mbak capcai goreng seafood spesial sekarang udah kerja yah? kok masih mau nyoba pcpm bi sih? apa motivasinya? boleh tau ga?

February 2, 2012 at 4:40 PM
Anonymous said...

wah.. yang mau ikutan test BI sepertinya orang2 pinter nih.. jadi minder, soalnya sadar kalo otaknya pas2an.. :((
Mb. Suci, gile bener baru luluz dah sampe tahap interview user, mantab euy!! Moga next nya sukses ya.
saya besok ikut Test BI, lagi coba2 dikit n latihan soal TPA. coba2 scoring hasilnya ech cuma 350.. dasar dudul.. :">
btw, doain ya supaya saya sukses besok.
Mau tanya mengenai soal besok, tapi dah telat.. yo wis lah, pasrah dengan yang sudah diotak.. :D
Thanks buat sharing nya..

February 11, 2012 at 1:58 AM
Anonymous said...

Mb. Suci,
Gimana hasil test tahap pertamanya?
Alhamdullillah saya lulus, dan hari minggu besok akan test bahasa inggris & psikotest.
saya mau tanya mengenai tes psikologis ini.. apakan termaksud TPA? mohon saran dari mb. suci yang sudah pernah lulus sampai tahap akhir.
email saya: upancas@gmail.com
semoga mb. suci juga sukses ya kali ini.. Amin.

February 21, 2012 at 11:06 PM
Anonymous said...

mbak untuk tes bahasa inggris dasarnya biasanya seperti apa soal2nya???trims

February 22, 2012 at 9:35 PM
Anonymous said...

Mbak maaf mau tanya...

kalo diskusi kelompok dan wawancara individual itu seperti apa ya?

dan mohon saran ato tipsnya mbak..

terima kasih banyak sebelumnya mbak..

March 12, 2012 at 9:08 AM
Anonymous said...

Wah cara menyampaikan dan menulisnya bagus..

Mau nanya dong seputar wawancara akhir. Klo PCPM, pertanyaan nya seputar apa aja ya? Ada terkait pengetahuan teknis?

June 3, 2012 at 9:55 PM
ridho wahyudi said...

klo untuk anak psantren pasti trbuka lebar kan kesempatan nya?

January 16, 2013 at 4:07 PM
Rudy Fajar said...

Mba capcaibakar, mau tanya untuk soal2 perbankan itu punya buku referensi ga ya biar bisa dipelajarin selain pengetahuan umum?
Saya soale dari jurusan Teknik Elektro. Terima kasih.

February 13, 2013 at 9:49 AM
F-Airen said...

Klo wawancara dg user in english or bahasa ya? Mo make sure aja sih mbak. Mohon dibalas ya thanks

June 9, 2013 at 2:13 PM
F-Airen said...

Klo wawancara dg user in english or bahasa ya? Mo make sure aja sih mbak. Mohon dibalas ya thanks

June 9, 2013 at 2:25 PM
capcai bakar said...

Wawancara user dengan bahasa indonesia kog. Tenang saja.. kemampuan bahasa inggrisnya kan sudah diukur di toefl. :D

June 11, 2013 at 9:50 AM
Eden Zarista said...

jeda antara send online sama test nya berapa lama ya? nha kita khan test online, milih tempat kota itu buat wawancara test'nya kah?

July 27, 2013 at 9:18 AM
andi said...

Untuk lokasi tes apa dari tahap awal sampai akhir sama terus ? Kira2 dari tahap awal sampai akhir berapa bulan ya? trims

July 28, 2013 at 9:12 PM
Belajar Statistik said...

Halo mbak, tolong PM donk, gaji berapa, fasilitas apa saja, penalti gimana? Makasii :)

July 29, 2013 at 11:33 AM
Rahmad Ibrahim said...

Terima kasih sharingnya, saya mau tanya klo lulusan luat negri harus ada penyetaraan gak? Thanks

July 29, 2013 at 7:00 PM
chax said...

mb mo nany nih, aku kan sdh pernah tes toefl, tpi scorex ga sampe 500, ap dimasukkan aj kli yah? ato ga usah?

July 31, 2013 at 1:36 AM
bhie_chabie said...

kalau untuk pcpm itu boleh kan yang pake kaca mata

July 31, 2013 at 6:51 AM
deny said...

mau tanya dong,saya belum punya sertifikat toefl,kalau di BI test kemampuan bahasa inggris itu tertulis apa lisan yah?

August 20, 2013 at 12:30 AM
myz yunme said...

kalo misalkan dalam registrasi online saya masukkan nilai IPK 3.20 sebelum melaksanakan sidang skripsi, ternyata stelah sidang skripsi, IPK saya 3.22. itu bakal jadi masalah saat seleksi/pemeriksaan dokumen ga?

August 20, 2013 at 1:21 PM
Rahmadina Agusti said...

assalamualaikum..
mba' saya dina di medan. minggu depan saya tes kesehatan dan psikiatri untuk PCPM BI (tahap 4). saya mau tanya, kalo ada gigi yang bolong sm mata minus gimana ya mba'? sebelumnya terimakasih ya mba' atas balasannya..

October 27, 2013 at 5:15 PM
aoimio65 said...

assalam..

mbak mau tanya juga nih,,

biasanya pas tes wawancara tentang apa ya?

saya kabur nih,,browsing2 di web BI kok buanyak banget yaaa..

trims balesannya..

Wassalam

December 12, 2013 at 4:32 PM

Post a Comment

 

©2009capcaibakar | by TNB