SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

15 May 2010

Tagged Under: , ,

(12) Mengatur keuangan

Share

Jadi ceritanya saya memfollow pakar ahli financial di twitter. Ada @mrshananto, pemilik QMFinancial yang gaul dan lucu, ada @AidilAkbar, seorang Wealth Planner dan Pakar Ekonomi Mikro & Keluarga yang fotonya ganteng, ada @SafirSenduk, perencana keuangan yang gemar ganti profile pic dan @MsTyaa, blogger dan menteri keuangan keluarga Priyandhito yang rajin menulis artikel-artikel keuangan serta langsung mempraktekkannya.

Dari situ saya mulai mencatat sedikit-sedikit tips agar kaya raya di usia muda, iyaaa walau belum ada penghasilan *booo plis deh* . Misalnya nih

  • Menabung uang tunai itu ga bikin kita tambah kaya, karena bunganya kecil. Fungsi tabungan lebih kepada ada uang pegangan untuk jaga-jaga

  • Kalau pilih asuransi jangan yang unitlink, karena dana dibagi untuk asuransi dan investasi. Lebih baik pilih asuransi murni lalu investasi di ReksaDana. Hasil investasi-nya juga cover asuransinya lebih besar, karena unitlink investasinya juga di Reksadana.

  • Reksadana itu berfungsi untuk investasi, sedangkan emas berfungsi untuk menjaga level kekayaan kita di titik yang sama. Jadi kalau mau tambah kaya investasi di reksadana. Kalau ga mau jadi miskin investasi di logam mulia aka emas. Soalnya emas ini ga terpengaruh inflasi. Kuliah tahun ini perlu 20 kg emas.. 10 tahun lagi juga tetap perlu 20 kg emas.

  • Porsi investasi itu 10%-30% dari penghasilan. Untuk pemula 10% aja dulu. Terus 10% ini dibagi setengah untuk logam mulia, setengah untuk reksadana.

  • Porsi pengeluaran rutin itu maksimal 40% dari penghasilan. Pengeluaran rutin disini seperti makan, listrik, air, transportasi, etc.

  • merencanakan mengambil kredit rumah? kendaraan? pilih yang cicilan -total- perbulannya cuma 30% dari total penghasilan. Jumlah hutang itu maksimal cuma 30%.

  • biaya lifestyle seperti internet, majalah, pulsa, salon, etc maksimal cuma 20%.

Nanti kelihatan selama ini pengeluaran anda besarnya dimana, udah sesuai belum sama aturan 10%-40%-30%-20% tadi. Kalau belum diubah-ubah deh.. harus berapa yang dialokasikan ke investasi, dikurangi dari pengeluran rutin dan lifestyle atau berapa jumlah kredit yang bisa diambil.

Kalau udah.. bisa main deh ke ngaturduit.com untuk implementasinya nya.

Soal ngaturduit.com dibahas di postingan selanjutnya ya..
Post a Comment