SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

16 May 2010

Tagged Under: , ,

(13) ngaturduit.com

Share

Hasil postingan kemarin, rata-rata banyak yang bilang "teori udah khatam tapi prakteknya nih" Iya.. namanya ngatur duit itu harus disiplin dan niat yang kuat untuk jadi orang kaya. Hihi iya kan Bat? Yus (nama aslinya keblug)?

Nah gimana biar ngeh duit kita suka kebuang sia-sia? Bikin catatan harian.

Beneran loh.. dulu mikirnya "Gw ga beli apa-apa kog duit abis aja ya?" pas ditilik-tilik kebanyakan jajan. Percuma gw masak tapi masih makan di luar. Dan ternyata jajan momogi ga jelas gitu bisa 10.000 sehari. Aihh..

Jaman mama saya nyatetnya di buku kas. Jaman internet gini? Di ngaturduit.com dong. Jadi di ngaturduit.com kita bisa masukin rekening-rekening yang kita punya dan berapa saldonya. Lalu bisa dicatat pengeluaran setiap hari dan direkapitulasi. Jadi kelihatan berapa persen yang kepakai buat makan, buat transportasi, buat jajan, dan banyak lagi. Kategori pengeluaran juga bisa disesuain sama kebutuhan. Misalnya nih, saya ga punya telephone rumah dan kredit-kreditan. Kategori itu bisa dihapus. Saya ada pengeluaran untuk investasi reksadana dan logam mulia, ya ditambah kategorinya.

Di ngaturduit.com kita juga bisa bikin budget pengeluaran untuk bulan ini. Jadi setiap ada pengeluaran bisa kelihatan sisa uang di rekening berapa dan tinggal sisa berapa rupiah lagi untuk makan biar sesuai dengan anggaran. Tu gampang kan nerapin rumus 10-40-30-20 % kemarin.

Jadi sekarang bikin budget yang sesuai rumus 10-40-30-20 itu dan disiplin mematuhi anggaran. Namanya belajar ga bisa langsung oke ya.. tapi minimal dengan tahu penghasilan habis untuk apa saja, kalau habis buat yang ga penting, bisa nyadar dan menyesal. Lalu bulan depan bisa lebih baik. Hihi. Pelan-pelan aja.

Nah mencatat pengeluaran tiap hari itu butuh disiplin loh. Pengeluaran 5000 buat parkir atau 2000 buat jajan momogi juga tetap harus dicatat. Ga usah ke ngaturduit.com tiap hari, tapi catat pengeluaran di handphone (di draft sms gitu) nanti setiap akhir minggu atau bulan tinggal dipindahin.

Terus kemarin neng Erma bilang selama masih surplus berarti masih oke. Iya! itu tandanya masih bisa nabung. Cuma seperti yang di artikel sebelumnya, nabung aja ga bikin kita kaya. Harus investasi! Lagipula katanya mau pensiun muda.. ayo duitnya diinvestasikan biar dapat pasif income. Eh ga mau pensiun muda? Ya kita kan ga tau masa depan gimana. Iya kalau masih bisa kerja. Kalau enggak?

Biasanya nih kalau masih lajang dan belum punya anak, duit rasanya banyak aja. Tapi gitu punya anak? Duh pengeluaran kog jadi banyak ya.. kog duit mepet melulu. Harus bolak-balik ke dokter, pengasuh, susu, pampers, mainan, etc. Iya ga Kak? Hihi

Jadi selama belum punya anak, uang masuk sekolah si (calon) anak dicicil sedikit demi sedikit. Uang masuk sekarang gila-gilaan loh.. puluhan juta aja. Jadi direncanain, nanti si anak mau masuk sekolah apa, uang masuknya berapa? Ubah nominal tadi ke gram-gram-an emas. Tabung deh sekian kilo emas. Emas kan tidak terpengaruh inflasi. Kalau SPP insyaAllah masih sanggup.

Nah yang bisa ngatur duit seperti ini yang penghasilannya berapa? Sebenarnya berapapun penghasilan bisa. Tukang becak aja bisa naik haji. Tukang jual air bisa ngekuliahin semua anaknya. Jadi kalau penghasilannya cuma 1 juta per bulan, tetap bisa investasi kog. reksadana itu cuma perlu 100 ribu per bulan. Anggap aja duit hilang. Gimana Hen? Prinsipnya yang harus diatur itu pengeluaran. Ada uangnya belum tentu mampu kan?

Saya ada uang buat langganan internet 200rb per bulan. Tapi apa udah mampu? Langganan internet tapi ga punya asuransi dan tabungan? Ya berarti belum mampu.. gitu. Apalagi internetnya belum menghasilkan duit.. ya lebih baik numpang di kantor orang. Hihi..
Post a Comment