SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

31 January 2011

Sam's Strawberry Corner

31 January 2011 capcai bakar

Pembaca budiman, harap maklum kalau capcaibakar isinya makanan lagi makanan lagi, buku lagi buku lagi. Soalnya hidup saya akhir-akhir ini berkisar antara mencoba makanan baru dan membaca buku baru. Hihi.

Jadi kali ini saya akan membahas Sam's Strawbery Corner. pertama kali makan disini waktu temu kangen bersam Batari yang sedang berlibur di Bandung. Batari ini dikenalkan temannya teman diawal-awal saya jadi blogger. Saling berlangganan blog dan komen-komenan sampai sekarang. Jadi waktu Batari liburan dari kegiatan memperoleh gelar Phd nya di Jepang lalu bertandang ke kampus ganesha-nya, kita janjian disini.

Sebelumnya saya memang sering melihat tempat makan ini, cuma tidak terlalu ngeh. Saat janjian sama Batari pun tempatnya harus di googling dahulu. Terpujilah para pencipta google. Sam's Strawbery Corner terletak di antara factory-factory outlet di jalan Dago, depan FO Uptown.

Berdasarkan hasil googling menu populer di tempat makan ini ya mie yamin dan jus strawberry nya. Jadi makanan itulah yang saya pesan.


Satu porsi yamin asin dengan ceker kering. Cekernya unik. Seperti kerupuk ceker. Saya baru kali ini makan ceker seperti itu. Lebih suka ceker biasa sih soalnya ga begitu suka kerupuk. kalau mie nya juga biasa saja. Ga istimewa. Di Bandung banyak mie yamin yang jauh lebih enak sih. Menurut saya mie yamin Citra di jalan titimplik no 29 (dekat telkom japati) jauh lebih enak.


Selain yamin saya juga mencoba batagor keringnya. Biasa aja. Enakan Batagor Riri.


Yang istimewa memang jus strawberry-nya. Kental. Segar. Asam manis gitu. Ada pilihan pakai susu atau enggak. Saya tentunya memilih pakai susu, tapi sedikit saja. Belum doyan yang asam banget.

KATAGUA

Ga kangen makan disini sih. Biasa aja soalnya. Harganya juga lumayan mahal. Untuk yamin dan jus totalnya IDR 20.000 an gitu. Walau saya bilang ga kangen saat lihat fotonya, air liur tetap ngumpul. Berarti saya makin keren motonya. Halah. ;p

Untuk ukuran turis makanan disini sepertinya lumayan enak dan murah. Soalnya setiap weekend rame terus. Apalagi lokasinya yang strategis di tengah-tengah FO membuat tempat makan ini dipadati oleh orang-orang yang lapar dan haus setelah (selama) berbelanja dan lelaki-lelaki yang bosan menunggu pasangannya berbelanja. Hahaha.

Foto-foto adalah hasil jepretan penulis

26 January 2011

Menu Kalem di Warung Laos

26 January 2011 capcai bakar

Suatu hari saya janjian dengan Maheer, seorang teman kuliah yang baru saja mengeluarkan novel pertamanya. Mau beli novel langsung, biar dapat tanda tangan dan diskonan. Teteppp.

Janjiannya di Warung Laos di dago atas dekat perumahan Dago Resort. Interiornya didominasi kayu dan bagus. Kita juga bisa melihat pemandangan kota bandung dari atas.

Sayangnya menu makanan dan minuman di Warung Laos hanya terdiri dari kata-kata. Mana foto-foto menggiurkannya? Mana? Ga asyik ah.

Jadi saya cuma memesan dua buah minuman. lemon tea dan Thai tea. Thai tea-nya enak. Total kerusakan IDR 33 ribu.

Hikmahnya
kalau bikin menu makanan dan minuman harap menyertai gambar untuk memancing air liur calon pembeli. Apalagi kalau nama makanannya unik-unik.

24 January 2011

Bag of Bones, Sekantung Tulang-nya Stephen King

24 January 2011 capcai bakar

Buku ini saya dapat gratisan sebagai komentator ke 30 di postingan jeng Keblug yang ini. Dapatnya tahun lalu, bulan Juli. Selesai bacanya tahun lalu juga. Pertengahan Desember tapi. Hahaha. Nulis reviewnya yang baru sempat tahun ini.

Saya sepertinya belum pernah baca karya Stephen King. Ga yakin. Mungkin waktu SD atau SMP pernah cuma ga ngeh siapa pengarangnya. jadi malu ngaku hobi baca. Daftar bacaannya seuprit gini. Pyuh.. *curhat, ga jadi nulis review* *ditoyor pembaca*

Bag of Bones bercerita tentang Mike Noonan, seorang pengarang novel-novel best seller yang kehilangan istrinya secara mendadak dan di saat yang sama ia juga kehilangan kemampuan menulisnya.

Setelah bertahun-tahun tidak bisa menulis satu kalimatpun, ia berlibur ke Sara Laughs, rumah peristriahat yang dulu sering dikunjungi ia dan istrinya. Di Sara laughs Mike Noonan berharap kemampuan menulisnya bisa kembali.

Nama Sara Laughs diambil dari nama seorang penyanyi perempuan berkulit hitam yang terkenal akan suaranya yang bagus dan tawanya yang nyaring. Di tempat ini Mike yang saat pergi menyimpan pertanyaan tentang kehamilan istrinya menemukan fakta istrinya sering datang diam-diam ke Sara Laughs. Ia bahkan terlihat bersama seorang pria.

Mike lalu mencari tahu apa yang dilakukan istrinya di Sara laughs. Pencarian ini malah membawanya membongkar sejarah hitam penduduk kota kecil itu. Selain dijauhi dan digunjingkan penduduk kota, Mike harus menghadapi ancaman-ancaman fisik dari petinggi kota dan gangguan-gangguan mahluk-mahluk halus yang menghantui rumahnya.

Iya mahluk-mahluk. Jamak. Ceritanya seram dong? Mmm ga juga soalnya menurut saya alur ceritanya terlalu lambat. Saya sibuk mencari-cari mana sekantong tulang yang menjadi judul novel ini. Dan seperti biasa, saat saya membaca cerita horor saya akan mengintip ke halaman-halaman terakhir. Tetap ga ngerti.

Balik lagi ke depan, membaca cepat di beberapa bagian dan baru membaca detail di bagian akhir. Saya malah penasaran bagaimana kisah Sara si penyanyi kulit hitam itu. Hihi.. penggila novel sejarah ya begini.

Katagua

Ceritanya bagus, kalau suka kisah seram. Saya tidak terlalu suka. Tapi dari novel ini saya jadi tau bagaimanai strategi penulis menghadapi writer block.

Jadi saat dibanjiri ide dan semangat kita harus terus menulis. Namun tidak semua tulisan langsung dipublikasi. Simpanlah beberapa. Saat anda kehabisan ide atau kehilangan kemampuan menulis berikan tulisan-tulisan yang disimpan itu kepada penerbit seperti Mike Noonan. Sehingga tidak ada satu orang pun yang tahu bahwa selama bertahun-tahun ia tidak bisa menulis.

21 January 2011

Berburu Bebek di Bandung

21 January 2011 capcai bakar

Saya suka makan bebek tapi belum pernah makan bebek Ali. Bebek Ali ini bebek yang paling terkenal di seantero Bandung, minimal di kampus saya deh. Konon katanya bebeknya paling lembut harganya juga murah cuma IDR 12 ribu. Anak-anak kampus paling doyan kol gorengnya. Sejak ada bebek Ali semua tempat makan yang menyediakan kol, seperti pecel lele atau ayam bakar, menyediakan menu kol goreng.

Lokasi Bebek Ali itu di depan RS Borromeus. Ramenya ampun-ampun, sehari saja bisa habis 400 potong bebek. Makanya saya ga pernah makan disitu. Lihat antriannya aja minder. Takut kalah sabar. Tapi kalau penasaran silahkan datang sebelum mereka buka, jam 5. Tanya nomor hape pemiliknya dan kalau mau datang lagi tinggal reservasi via sms.


Foto-foto diambil dari sabri-familie.blogspot.com

Jadi kalau kangen bebek biasanya saya makan di Bebek Van Java. Bebeknya enak. Lengkap dengan kremes-kremes yang renyah. Saya suka makan bebek bakar (yang dada tentunya) ples nambah kremes. Yang istimewa itu sambalnya yang pedaaaaas banget. Ada dua pilihan sambal sih.. mau sambal manis atau pedas. Tapi yang manis juga pedas banget buat saya.


Bebek van java itu lokasinya ada dua, yang kecil di jalan dipati ukur no 5A sedangkan yang besar ada di jalan Lombok no 47 . Kalau tempat sih enakan yang di jalan lombok, tapi yang di jalan Dipati Ukur lebih dekat dari rumah. Bebek van java juga terima delivery service. Tapi tetap lebih enak makan di tempat sih.. bebeknya lebih gede dan bisa nambah sambal sesuka hati. Hahahaha.

Oh ya, tumis kangkung nya juga enak.

Dulu pernah ngajak papa mama makan disini waktu saya wisuda dan mereka bilang enak. Harganya sih lumayan. Bebek mulai dari IDR 20 ribuan gitu. Kangkung IDR 7 ribu sepertinya. Lupa.

Foto-foto diambil dari halaman facebooknya bebek Van Java disini

Salah satu tempat makan bebek lain yang saya sukai adalah Bebek Garang. Bebeknya sih lebih enak dan lebih besar di Bebek van Java tapi disini menunya lebih variatif. Di bebek van java selain bebek bakar dan goreng memang ada bebek rendang, tongseng bebek, dan bebek katsu, tapi ya masih seputaran bebek.

Di Bebek garang selain ada bebek juga ada ice krim dan banana split yang sangat penting untuk saya. Hahaha. Mereka juga menyediakan sosis , risol, batagor, omelet, dan banyak lagi. Sosis sih mau diapain juga enak kan tapi disini ukurannya lumayan besar. Risolnya sih ga recomended. Ga enak.

Es krim mau diapain juga enak kan ya..

Omelet nya belum pernah dicoba karena selalu kehabisan.

Kalau bebeknya sendiri mereka menyediakan Bebek Negro alias bebek bakar, yang manis. Bebek-bebeknya enak. Empuk dan ga bau. Bumbunya okeh. Sambalnya juga pedas.

Kalau suka pedas bisa coba bebek debus (dibalur sambal merah) atau bebek grinpis (dibalur sambal hijau)

Ada juga bebek kemon (disiram saum lemon) dan bebek 70-an (bebek bumbu kuning biasa) tapi belum pernah coba karena tiap kesana selalu habis.

Dulu saya suka beli yang paket karena mikirnya lebih murah. Paket ini isinya satu bebek pilihan kita, nasi, tahu, tempe, dan es jeruk. Ternyata harganya bukan harga paketan, tapi total harga bebek, nasi, tahu, tempe dan es jeruk yang selanjutnya dikurangi IDR 3 ribu. Bwahahahaha. Ga teliti baca keterangannya.

Terus kalau makan disini saat lagi rame-ramenya pelayanannya suka bikin gemes. Pesanannya ga datang semua, harus berkali-kali diingatkan kalau ada pesanan yang belum datang. Nasinya udah habis, sayurannya baru datang. Snack datangnya belakangan malahan es krimnya yang datang duluan.

Saya pernah pesan paket bebek buat dibawa pulang yang ternyata isinya cuma bebek dan es jeruk. Mana nasinya? Mana tahu tempe nya? Arghhhh. Kata manajernya sih karena pegawainya masih on training. Cuma agak-agak kapok jadinya.

Harga Bebek Garang beda-beda tipis dengan Bebek van Java, sekitar IDR 25 ribu.

foto-foto hasil jepretan penulis

Jadi apa bebek pilihanmu?

20 January 2011

Empat Musim Cinta

20 January 2011 capcai bakar


Empat Musim Cinta

Judul : Empat Musim Cinta, tentang aku, kamu, dan rasa
Penulis : Adhitya Mulya, Andi F Yahya, Hotma Juniarti, Andi Fauziah Yahya, Okke "Sepatu Merah", Rizki Pandu Permana, SAZ AL Fansyour, Veronika Kusuma Wijayanti
Penerbit : Gagas Media
Harga : IDR 30.000 (Gramedia)

Buat fulltimeline reader seperti saya Twitter itu memang salah satu channel marketing yang ampuh. Tergoda membeli buku ini pun gara-gara judulnya sering hilir mudik melintas di timeline. Sayang di Toga Mas belum ada, kalau ada saya bisa hemat IDR 5000 loh.

Empat Musim Cinta adalah kumpulan cerita cinta dari delapan penulis berbakat. Cinta di buku ini tidak selalu soal cinta antar kekasih ada juga soal cinta pocong ke filmnya dan cinta teman ke teman gendutnya.

Iya saya kecele. Saya kira ceritanya akan berhubungan dengan asmara saja dan empat musim di benua eropa menjadi temanya. Atau cerita asmara yang kondisinya mirip dengan empat musim itu. Musim panas untuk kisah cinta bahagia, musim dingin untuk kisah sedih, musim gugur untuk cinta yang hangat, dan musim semi untuk cinta baru.

Tapi enggak dong. Buku ini tidak menyinggung-nyinggung soal cuaca sama sekali. *jedot-jedot kepala di laptop pink yang baru beli*

Ada beberapa cerita yang "mmm sinetron banget deh", ada yang "mmm maksudnya apa sih?", ada yang "sumpah ga ketebak endingnya", ada yang "ketebak sihh tapi bagus!" dan ada yang "Bagus banget!"

beberapa cerita yang menurut saya bagus banget memasukkan bumbu-bumbu sejarah dan kekayaan nusantara. Seperti Mimpi dari Ujung Kalimantan-nya Rizki Pandu Permana dan Pilihan Lamoreng-nya SAZ Al Fansyour.

Dua penulis ini juga dapat skor 10 dari saya karena semua ceritanya ("Sekeping Hati" dan "Saya, Dia, dan Samuel Morse") bagus banget. Selain empat cerita itu saya juga suka Jalan Takdir-nya Hotma Juniarti, Sepasang Kupu-Kupu nya Andi Fauziah Yahya, dan Uji Setia-nya Okke.

KATAGUA

Beli aja. kalau di awal-awal merasa bosan, bacanya diteruskan saja karena banyak cerita bagus di akhir buku.

18 January 2011

Makan Kambing di Kambing Soen

18 January 2011 capcai bakar


Saya sudah dua kali makan di Kambing Soen. Pertama waktu ulang tahun teman dan yang kedua waktu ngajakin adek-adek makan disini.

Nama Kambing Soen merupakan pelesetan dari coming soon. Iya.. saya juga baru ngerti setelah bertanya ke pelayannya. Jalan masuknya memang digelar karpet merah tapi saya tetap belum ngeh kalau itu maksudnya red carpet seperti saat premier-premier film. Saat melihat dekorasinya yang dipenuhi poster film dan daftar menu yang ada dalam kotak dvd pun saya masih ga ngeh kalau tema tempat makan ini FILM. *tertunduk malu*

Di tengah ruangan terdapat tivi gede-tipis-sepertinya hdd yang memutar film-film. Jadi kalau duduk milih yang menghadap tivi ya.

Menu andalannya tentu saja kambing bakar dan sate kambing yang disajikan di atas hot plate. Daging kambingnya empuk banget sehingga bantuan pisau tidak diperlukan.Ada dua rasa kambing bakar, yang original dan yang pedas. Saya selalu pesan yang pedas jadi ga perlu makan pakai irisan cabe lagi. Pedasnya kerasa.







Dagingnya juga tidak bau kambing dan ga bikin pusing. Iya.. entah ada kaitan apa enggak, waktu saya makan Sate Pak Gino agak pusing gitu. Mungkin kambing di Kambing Soen lebih rajin fitnes. Hihi










Sop buntutnya, sopnya enak. Buntutnya enak tapi buat pecinta daging seperti saya kehadiran tulang itu bikin gemes. maunya daging aja, yang banyak!











Mie gorengnya juga enak. Tapi untuk saya yang bikin kangen itu tetap kambing bakar dan sate kambingnya.












Pengen nyoba cikupti (atas) dan maragnya (bawah) juga, nanti. Cikupti itu bola-bola cincangan daging kambing yang disiram saus barbeque. Pelengkapnya bukan nasi tapi mashed potato. Lebih sehat sepertinya. Halah.


Sedangkan marag adalah gulai kambing yang menggunakan susu sebagai pengganti santan. Lebih berkalsium mungkin. Jadi lebih sehat. *ditoyor pembaca*

Kalau minumannya saya ga nyoba yang macam-macam. Cuma nyoba lemon tea dan es jeruk. Enak. Mereka punya minuman khusus, namanya Lemon Tea Soen yang aseeeeem banget.

Harga-harganya juga cukup murah, seingat saya satu porsi kambing bakar itu IDR 20 ribu-an. Kemarin 6 orang semua pesan kambing dan minuman total kerusakan IDR 200 ribu lebih. Ini sudah dapat diskon anggota Kaskus. Iya pemilik Kambing Koen ini anggota Kaskus juga. Jadi tinggal sebut user id kita dan dapat diskon 20% deh.

Tempatnya juga luas jadi nyaman kalau ada acara atau bawa anak-anak. Kalau mau pesan buat acara ulang tahun atau buka bareng sebaiknya nelpon dulu biar dagingnya disediain. ga lucu kan kalau kehabisan.




foto-foto yang bagus diambil dari blognya salah satu pemilik Kambing Soen, yang amatir merupakan hasil jepretan Capcai.
Facebook Kambing Soen disini
Twitternya disini
Alamatnya di Jl. Ir H. Djuanda (dago) No 420. Di sebelah Puri Tomat Telp (022) 2508882


Selamat Makan Kambing selagi masih Muda!

13 January 2011

Tulisan ini juga ditampilkan di Akademi Berbagi
______________________________________________________________

Senin (10/01/2011) kemarin Akademi Berbagi akhirnya membuka kelas pertama di Bandung. Penulis pun langsung sujud syukur dan buru-buru mendaftar takut kehabisan tempat. Kapan lagi bisa belajar keuangan gratis langsung dari perencana keuangan dan twitter user terkenal, Aidil Akbar (@aidilakbar).

Kelas perdana ini dibuka oleh Ainun Chomsum aka @pasarsapi, kepala sekolah Akademi Berbagi, yang mengharapkan keberlangsungan Akademi Berbagi di Bandung. Untuk itu teman-teman Bandung diminta bersedia menjadi sukarelawan yang bertugas mencari pengajar dan ruangan. Di akhir acara terpilihlah @ikazain sebagai kepala sekolah Akademi Berbagi cabang Bandung. Selamat ya Ika

Banyak ilmu baru yang capcai dapat dari kelas ini, gaya penjelasan Aidil Akbar yang simpel dan lucu membuat banyak peserta yang mulai paham tentang investasi sembari ketawa-ketawa ngakak. Coba dosen Manajemen Keuangan capcai waktu kuliah dulu seperti beliau. Dapat A ples pasti!

________________________________________

Kelas Financial ini dimulai dengan pertanyaan berapa orang yang sudah punya investasi? Ternyata dari 30 peserta yang hadir, yang memiliki investasi hanya 10% nya. Sedikit ya. Padahal pasti setiap orang punya tujuan-tujuan keuangan yang diimpikan.

INVESTASI ITU APA SIH?

menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Investasi adalah penanaman uang atau modal di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Apakah investasi selalu menghasilkan keuntungan? Ooo tentu tidak.

Aidil Akbar menganalogikan kegiatan berinvestasi sama seperti mengirim anak merantau untuk bersekolah. Saat berangkat berat anak anda 60 kg. Setelah lulus dan kembali ke kampung halaman beratnya bisa tetap 60 kg, bertambah menjadi 80 kg, berkurang menjadi 50 kg, atau pulang tinggal nama.

Jadi Ada empat kemungkinan kondisi yang kita dapatkan saat berinvestasi. Pertama modal yang kita tanam tetap utuh, kedua modal yang kita tanam mendapatkan tambahan keuntungan, ketiga modal berkurang dan keempat modal hilang sama sekali.

APAKAH TABUNGAN ITU INVESTASI?

Sebelum memutuskan suatu produk termasuk investasi atau tidak kita perlu mengetahui ciri-ciri investasi.

Investasi memiliki tiga ciri utama, yaitu nilainya pasti naik turun, mengalahkan inflasi, dan tidak aman.

Tabungan memberikan rasa aman kepada pemilik rekening karena jumlah nominalnya tidak akan berkurang atau hilang sama sekali. Kalau banknya dilikuidasi bagaimana? Tabungannya hilang dong? tabungan nasabah di Bank dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga saat dilikuidasi uang nasabah akan dikembalikan oleh pemerintah.

Nominal tabungan (jika tidak pernah diambil dan tidak dibawah saldo minimum) akan selalu bertambah meski sedikit. peningkatan nominal ini diperoleh dari bunga atau bagi hasil.

Dari dua ciri diatas dapat kita simpulkan dong kalau tabungan bukanlah investasi.

Kalau begitu lebih baik menabung dong daripada berinvestasi?

Investasi unggul karena berdasarkan ciri ketiganya ia mampu mengalahkan inflasi. Uang yang saat ini kita investasikan mampu membeli 30 cangkir kopi maka sepuluh tahun kemudian hasil investasinya mampu membeli 30 cangkir kopi atau lebih. keunggulan inilah yang tidak dimiliki tabungan.

Bunga yang diberikan oleh bank kepada tabungan hanya 6% setiap tahunnya, sedangkan inflasi negara kita rata-rata 13% pertahunnya. Itu artinya setiap tahun uang yang kita miliki di tabungan berkurang 7%. Yang berkurang bukan saldonya melainkan kemampuan uang tersebut membeli barang-barang. Saat harga barang naik 13%, jumlah uang kita hanya bertambah 6%. Uang kita tidak akan sanggup mengejar harga-harga barang untuk mempertahankan standar hidup saat ini.

Jadi tabungan itu merupakan program pemiskinan yang terstruktur. :D

JADI GA PERLU NABUNG?

Menabung tetap diperlukan untuk dana darurat. Dana darurat adalah sejumlah simpanan uang yang dapat diakses secara mudah jika tiba-tiba anda tidak memiliki penghasilan atau jatuh sakit sehingga tidak dapat bekerja.

Dana darurat juga dapat digunakan untuk pemenuhan tujuan finansial anda , seperti biaya sekolah, jika hasil investasi tidak mencukupi.

Berapa Besar Dana Darurat yang harus disediakan?

Pertama hitunglah besar pengeluaran per bulan anda di luar pengeluaran untuk investasi dan menabung.

jika anda belum menikah maka jumlah dana darurat yang harus disiapkan sebesar 4 kali pengeluaran per bulan

jika sudah menikah namun belum memiliki anak, 6 kali pengeluaran per bulan.

menikah dengan satu anak, 9 kali.

menikah dengan dua anak atau pensiunan, 12 kali.

perhitungan di atas berlaku jika anda memiliki penghasilan tetap. Jika anda seorang pekerja freelance yang penghasilannya tidak tetap maka dana darurat yang harus disediakan adalah 12 kali pengeluran per bulan.

*langsung keringat dingin*

Dan dana darurat ini harus tersedia paling lama dalam waktu 3 tahun.

*pingsan*

JADI SELAIN BERINVESTASI KITA JUGA PERLU MENABUNG

INVESTASI ITU ADA APA AJA?

berdasarkan jangka waktunya investasi dibedakan atas investasi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

INVESTASI JANGKA PENDEK,digunakan untuk memenuhi tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam jangka waktu kurang dari satu tahun lagi. Contohnya: anda ingin menikah tahun depan, anak anda masuk TK tahun depan, atau DP rumah. Pokoknya investasi apapun yang resikonya rendah dan mudah diuangkan termasuk dalam investasi jenis ini. Investasi jangka pendek juga bisa digunakan untuk mempersiapkan dana darurat.

Produk keuangan apa saja yang termasuk dalam investasi jangka pendek ini? Ada logam mulia dan deposito.Dari investasi jangka pendek seperti ini, return yang diharapkan di bawah 15%.

investasi selanjutnya adalah INVESTASI JANGKA MENENGAH. Investasi ini dipersiapkan untuk mencapai tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam jangka waktu 1 sampai 5 tahun.

Untuk tujuan-tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam waktu kurang dari tiga tahun kita bisa berinvestasi di Reksa Dana Pendapatan Tetap.

Untuk jangka waktu tiga tahun, anda bisa berinvestasi di Obligasi Retail Indonesia (ORI) yaitu surat hutang pemerintah yang dijual dalam pecahan IDR 5 juta. Selain ORI anda juga bisa berinvestasi SUKUK Retail yang merupakan versi syariah dari ORI. SUKUK Retail dijual dalam bentuk pecahan IDR 1 juta.

Kalau tujuan keuangan anda ditargetkan tercapai dalam waktu 4 sampai 5 tahun, anda bisa berinvestasi di Reksadana Campuran.

Return rata-rata per tahun yang diharapkan dari investasi jangka menengah adalah 10 hingga 15 %.

Nah yang terakhir INVESTASI JANGKA PANJANG seperti Reksadana Saham dan properti jika tujuan keuangannya ingin dicapai dalam jangka waktu lebih dari lima tahun lagi, dana kuliah untuk calon anak misalnya. Kalau di investasi jangka panjang returnnya bisa mencapai lebih dari 20% per tahun.

SEJAK KAPAN KITA BISA BERINVESTASI?

Secepatnya! Semakin cepat kita memulai investasi maka makin sedikit uang yang harus anda sisihkan dan semakin besar return yang dihasilkan.

Anda sudah dapat berinvestasi sejak saat pertama kali mendapatkan uang saku dari orang tua. Jadi tetapkan tujuan-tujuan keuangan yang ingin diraih, tetapkan deadlinenya, hitung biayanya saat ini dan setelah inflasi, dan pilih investasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Ayo raih impian kita dengan berinvestasi!

Ayo raih impian kita dengan berinvestasi!

13 January 2011 capcai bakar

Tulisan ini juga ditampilkan di Akademi Berbagi
______________________________________________________________

Senin (10/01/2011) kemarin Akademi Berbagi akhirnya membuka kelas pertama di Bandung. Penulis pun langsung sujud syukur dan buru-buru mendaftar takut kehabisan tempat. Kapan lagi bisa belajar keuangan gratis langsung dari perencana keuangan dan twitter user terkenal, Aidil Akbar (@aidilakbar).

Kelas perdana ini dibuka oleh Ainun Chomsum aka @pasarsapi, kepala sekolah Akademi Berbagi, yang mengharapkan keberlangsungan Akademi Berbagi di Bandung. Untuk itu teman-teman Bandung diminta bersedia menjadi sukarelawan yang bertugas mencari pengajar dan ruangan. Di akhir acara terpilihlah @ikazain sebagai kepala sekolah Akademi Berbagi cabang Bandung. Selamat ya Ika

Banyak ilmu baru yang capcai dapat dari kelas ini, gaya penjelasan Aidil Akbar yang simpel dan lucu membuat banyak peserta yang mulai paham tentang investasi sembari ketawa-ketawa ngakak. Coba dosen Manajemen Keuangan capcai waktu kuliah dulu seperti beliau. Dapat A ples pasti!

________________________________________

Kelas Financial ini dimulai dengan pertanyaan berapa orang yang sudah punya investasi? Ternyata dari 30 peserta yang hadir, yang memiliki investasi hanya 10% nya. Sedikit ya. Padahal pasti setiap orang punya tujuan-tujuan keuangan yang diimpikan.

INVESTASI ITU APA SIH?

menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Investasi adalah penanaman uang atau modal di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Apakah investasi selalu menghasilkan keuntungan? Ooo tentu tidak.

Aidil Akbar menganalogikan kegiatan berinvestasi sama seperti mengirim anak merantau untuk bersekolah. Saat berangkat berat anak anda 60 kg. Setelah lulus dan kembali ke kampung halaman beratnya bisa tetap 60 kg, bertambah menjadi 80 kg, berkurang menjadi 50 kg, atau pulang tinggal nama.

Jadi Ada empat kemungkinan kondisi yang kita dapatkan saat berinvestasi. Pertama modal yang kita tanam tetap utuh, kedua modal yang kita tanam mendapatkan tambahan keuntungan, ketiga modal berkurang dan keempat modal hilang sama sekali.

APAKAH TABUNGAN ITU INVESTASI?

Sebelum memutuskan suatu produk termasuk investasi atau tidak kita perlu mengetahui ciri-ciri investasi.

Investasi memiliki tiga ciri utama, yaitu nilainya pasti naik turun, mengalahkan inflasi, dan tidak aman.

Tabungan memberikan rasa aman kepada pemilik rekening karena jumlah nominalnya tidak akan berkurang atau hilang sama sekali. Kalau banknya dilikuidasi bagaimana? Tabungannya hilang dong? tabungan nasabah di Bank dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga saat dilikuidasi uang nasabah akan dikembalikan oleh pemerintah.

Nominal tabungan (jika tidak pernah diambil dan tidak dibawah saldo minimum) akan selalu bertambah meski sedikit. peningkatan nominal ini diperoleh dari bunga atau bagi hasil.

Dari dua ciri diatas dapat kita simpulkan dong kalau tabungan bukanlah investasi.

Kalau begitu lebih baik menabung dong daripada berinvestasi?

Investasi unggul karena berdasarkan ciri ketiganya ia mampu mengalahkan inflasi. Uang yang saat ini kita investasikan mampu membeli 30 cangkir kopi maka sepuluh tahun kemudian hasil investasinya mampu membeli 30 cangkir kopi atau lebih. keunggulan inilah yang tidak dimiliki tabungan.

Bunga yang diberikan oleh bank kepada tabungan hanya 6% setiap tahunnya, sedangkan inflasi negara kita rata-rata 13% pertahunnya. Itu artinya setiap tahun uang yang kita miliki di tabungan berkurang 7%. Yang berkurang bukan saldonya melainkan kemampuan uang tersebut membeli barang-barang. Saat harga barang naik 13%, jumlah uang kita hanya bertambah 6%. Uang kita tidak akan sanggup mengejar harga-harga barang untuk mempertahankan standar hidup saat ini.

Jadi tabungan itu merupakan program pemiskinan yang terstruktur. :D

JADI GA PERLU NABUNG?

Menabung tetap diperlukan untuk dana darurat. Dana darurat adalah sejumlah simpanan uang yang dapat diakses secara mudah jika tiba-tiba anda tidak memiliki penghasilan atau jatuh sakit sehingga tidak dapat bekerja.

Dana darurat juga dapat digunakan untuk pemenuhan tujuan finansial anda , seperti biaya sekolah, jika hasil investasi tidak mencukupi.

Berapa Besar Dana Darurat yang harus disediakan?

Pertama hitunglah besar pengeluaran per bulan anda di luar pengeluaran untuk investasi dan menabung.

jika anda belum menikah maka jumlah dana darurat yang harus disiapkan sebesar 4 kali pengeluaran per bulan

jika sudah menikah namun belum memiliki anak, 6 kali pengeluaran per bulan.

menikah dengan satu anak, 9 kali.

menikah dengan dua anak atau pensiunan, 12 kali.

perhitungan di atas berlaku jika anda memiliki penghasilan tetap. Jika anda seorang pekerja freelance yang penghasilannya tidak tetap maka dana darurat yang harus disediakan adalah 12 kali pengeluran per bulan.

*langsung keringat dingin*

Dan dana darurat ini harus tersedia paling lama dalam waktu 3 tahun.

*pingsan*

JADI SELAIN BERINVESTASI KITA JUGA PERLU MENABUNG

INVESTASI ITU ADA APA AJA?

berdasarkan jangka waktunya investasi dibedakan atas investasi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

INVESTASI JANGKA PENDEK,digunakan untuk memenuhi tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam jangka waktu kurang dari satu tahun lagi. Contohnya: anda ingin menikah tahun depan, anak anda masuk TK tahun depan, atau DP rumah. Pokoknya investasi apapun yang resikonya rendah dan mudah diuangkan termasuk dalam investasi jenis ini. Investasi jangka pendek juga bisa digunakan untuk mempersiapkan dana darurat.

Produk keuangan apa saja yang termasuk dalam investasi jangka pendek ini? Ada logam mulia dan deposito.Dari investasi jangka pendek seperti ini, return yang diharapkan di bawah 15%.

investasi selanjutnya adalah INVESTASI JANGKA MENENGAH. Investasi ini dipersiapkan untuk mencapai tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam jangka waktu 1 sampai 5 tahun.

Untuk tujuan-tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam waktu kurang dari tiga tahun kita bisa berinvestasi di Reksa Dana Pendapatan Tetap.

Untuk jangka waktu tiga tahun, anda bisa berinvestasi di Obligasi Retail Indonesia (ORI) yaitu surat hutang pemerintah yang dijual dalam pecahan IDR 5 juta. Selain ORI anda juga bisa berinvestasi SUKUK Retail yang merupakan versi syariah dari ORI. SUKUK Retail dijual dalam bentuk pecahan IDR 1 juta.

Kalau tujuan keuangan anda ditargetkan tercapai dalam waktu 4 sampai 5 tahun, anda bisa berinvestasi di Reksadana Campuran.

Return rata-rata per tahun yang diharapkan dari investasi jangka menengah adalah 10 hingga 15 %.

Nah yang terakhir INVESTASI JANGKA PANJANG seperti Reksadana Saham dan properti jika tujuan keuangannya ingin dicapai dalam jangka waktu lebih dari lima tahun lagi, dana kuliah untuk calon anak misalnya. Kalau di investasi jangka panjang returnnya bisa mencapai lebih dari 20% per tahun.

SEJAK KAPAN KITA BISA BERINVESTASI?

Secepatnya! Semakin cepat kita memulai investasi maka makin sedikit uang yang harus anda sisihkan dan semakin besar return yang dihasilkan.

Anda sudah dapat berinvestasi sejak saat pertama kali mendapatkan uang saku dari orang tua. Jadi tetapkan tujuan-tujuan keuangan yang ingin diraih, tetapkan deadlinenya, hitung biayanya saat ini dan setelah inflasi, dan pilih investasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Ayo raih impian kita dengan berinvestasi!

11 January 2011

Sudah lama capcaibakar ga bahas urusan kantong ya. Jadi kangen. Halah

Bulan ini saya ikutan gerakan mencatat pengeluaran selama #30hari nya Ligwina Hatanto dari Qm Financial. Intinya sih sama dengan ngaturduit.com minus koneksi internet, karena form #30hari ini disediakan dalam format excell. Jadi tidak perlu terkoneksi dengan internet untuk mencatat setiap pengeluaran. Yay!

Form #30hari ini juga lebih sederhana daripada ngaturduit.com karena tabelnya pakem alias tidak bisa diubah-ubah. Tabelnya terdiri atas empat kategori pengeluaran,ada tabungan, cicilan, pengeluaran rutin, dan pengeluaran pribadi.

Pada kolom tabungan semua kegiatan menyisihkan penghasilan seperti menabung, beli reksadana, beli logam mulia, dan berbagai kegiatan investasi (unitlink sekalipun) masuk ke kolom ini.

Kolom cicilan mencatat semua hutang yang dibayar. Seperti kredit rumah, mobil, kartu kredit, hutang koperasi dan sejenisnya.

Kolom selanjutnya yaitu Pengeluaran Rutin mencatat pengeluaran yang mendukung hajat hidup kita setiap bulan dengan lebih detail.Pengeluaran ini meliputi pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar yang kita butuhkan. Kolom ini terbagi atas pengeluaran rumah tangga (Listrik, PDAM, gas, belanja bulanan, belanja ke pasar, galon, gaji asisten), Transportasi (ongkos, bensin, parkir, bengkel), keluarga dan anak (kiriman ke orang tua, spp anak, les anak, biaya rumah sakit), charity ( zakat, sedekah, anak asuh), dan lainnya (asuransi misalnya)

Yang terakhir adalah kolom pribadi. Kolom ini mencatat pengeluaran bersenang-senang. Seperti nonton di bioskop, jajan, beli dvd, beli baju baru, liburan, bayarin keluarga makan di luar, pulsa, internet (kalau ga dipakai untuk kerja), dan banyak lagi. Pokoknya semua pengeluaran yang menurut kita ga perlu dilakukan. Karena kalau tidak dilakukan kita masih bisa hidup baik-baik.Jadi pengeluaran ini tergantung orangnya.

Misalnya untuk saya semua kegiatan makan di luar masuk kategori pengeluaran pribadi. Karena sebenarnya kalau saya mau rajin saya bisa memasak makanan di rumah dan membawa bekal. tapi untuk anak kost yang kompor aja ga ada, makan di luar jadi pengeluaran rutin kan. Gitu. Jadi tergantung hati nurani dan kejujuran saja.

Terus gunanya buat apa sih? Pertama saya jadi tau uang-uang itu terbang kemana setiap bulan. Dari situ saya bisa mengevaluasi diri. Oh.. pengeluaran saya lebih besar di life style nya ketimbang menabungnya. Kedua saya lebih nahan diri setiap mau ngeluarin duit karena kepikiran proporsi tabungan yang baru 5% dari seluruh pengeluaran (harusnya minimal 10%)

Maknyus banget! kalau dulu setiap saya lapar dan sedang pelesiran saya pasti langsung beli makanan yang enak-enak (dan mahal tentunya) Sekarang setelah dicatat, saya lebih memilih menahan lapar dan baru makan kalau sudah sampai di rumah.

Silahkan mendownload formnya disini dan selamat datang di pengalaman yang membuka pengetahuan kantong anda. Jangan lupa proporsi 10-30-40-20 untuk tabungan, cicilan, rutin, dan pengeluaran pribadi yang sempat dibahas disini. Enjoy!

Tantangan mencatat keuangan 30 hari

11 January 2011 capcai bakar

Sudah lama capcaibakar ga bahas urusan kantong ya. Jadi kangen. Halah

Bulan ini saya ikutan gerakan mencatat pengeluaran selama #30hari nya Ligwina Hatanto dari Qm Financial. Intinya sih sama dengan ngaturduit.com minus koneksi internet, karena form #30hari ini disediakan dalam format excell. Jadi tidak perlu terkoneksi dengan internet untuk mencatat setiap pengeluaran. Yay!

Form #30hari ini juga lebih sederhana daripada ngaturduit.com karena tabelnya pakem alias tidak bisa diubah-ubah. Tabelnya terdiri atas empat kategori pengeluaran,ada tabungan, cicilan, pengeluaran rutin, dan pengeluaran pribadi.

Pada kolom tabungan semua kegiatan menyisihkan penghasilan seperti menabung, beli reksadana, beli logam mulia, dan berbagai kegiatan investasi (unitlink sekalipun) masuk ke kolom ini.

Kolom cicilan mencatat semua hutang yang dibayar. Seperti kredit rumah, mobil, kartu kredit, hutang koperasi dan sejenisnya.

Kolom selanjutnya yaitu Pengeluaran Rutin mencatat pengeluaran yang mendukung hajat hidup kita setiap bulan dengan lebih detail.Pengeluaran ini meliputi pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar yang kita butuhkan. Kolom ini terbagi atas pengeluaran rumah tangga (Listrik, PDAM, gas, belanja bulanan, belanja ke pasar, galon, gaji asisten), Transportasi (ongkos, bensin, parkir, bengkel), keluarga dan anak (kiriman ke orang tua, spp anak, les anak, biaya rumah sakit), charity ( zakat, sedekah, anak asuh), dan lainnya (asuransi misalnya)

Yang terakhir adalah kolom pribadi. Kolom ini mencatat pengeluaran bersenang-senang. Seperti nonton di bioskop, jajan, beli dvd, beli baju baru, liburan, bayarin keluarga makan di luar, pulsa, internet (kalau ga dipakai untuk kerja), dan banyak lagi. Pokoknya semua pengeluaran yang menurut kita ga perlu dilakukan. Karena kalau tidak dilakukan kita masih bisa hidup baik-baik.Jadi pengeluaran ini tergantung orangnya.

Misalnya untuk saya semua kegiatan makan di luar masuk kategori pengeluaran pribadi. Karena sebenarnya kalau saya mau rajin saya bisa memasak makanan di rumah dan membawa bekal. tapi untuk anak kost yang kompor aja ga ada, makan di luar jadi pengeluaran rutin kan. Gitu. Jadi tergantung hati nurani dan kejujuran saja.

Terus gunanya buat apa sih? Pertama saya jadi tau uang-uang itu terbang kemana setiap bulan. Dari situ saya bisa mengevaluasi diri. Oh.. pengeluaran saya lebih besar di life style nya ketimbang menabungnya. Kedua saya lebih nahan diri setiap mau ngeluarin duit karena kepikiran proporsi tabungan yang baru 5% dari seluruh pengeluaran (harusnya minimal 10%)

Maknyus banget! kalau dulu setiap saya lapar dan sedang pelesiran saya pasti langsung beli makanan yang enak-enak (dan mahal tentunya) Sekarang setelah dicatat, saya lebih memilih menahan lapar dan baru makan kalau sudah sampai di rumah.

Silahkan mendownload formnya disini dan selamat datang di pengalaman yang membuka pengetahuan kantong anda. Jangan lupa proporsi 10-30-40-20 untuk tabungan, cicilan, rutin, dan pengeluaran pribadi yang sempat dibahas disini. Enjoy!