SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

11 January 2011

Tagged Under: ,

Tantangan mencatat keuangan 30 hari

Share

Sudah lama capcaibakar ga bahas urusan kantong ya. Jadi kangen. Halah

Bulan ini saya ikutan gerakan mencatat pengeluaran selama #30hari nya Ligwina Hatanto dari Qm Financial. Intinya sih sama dengan ngaturduit.com minus koneksi internet, karena form #30hari ini disediakan dalam format excell. Jadi tidak perlu terkoneksi dengan internet untuk mencatat setiap pengeluaran. Yay!

Form #30hari ini juga lebih sederhana daripada ngaturduit.com karena tabelnya pakem alias tidak bisa diubah-ubah. Tabelnya terdiri atas empat kategori pengeluaran,ada tabungan, cicilan, pengeluaran rutin, dan pengeluaran pribadi.

Pada kolom tabungan semua kegiatan menyisihkan penghasilan seperti menabung, beli reksadana, beli logam mulia, dan berbagai kegiatan investasi (unitlink sekalipun) masuk ke kolom ini.

Kolom cicilan mencatat semua hutang yang dibayar. Seperti kredit rumah, mobil, kartu kredit, hutang koperasi dan sejenisnya.

Kolom selanjutnya yaitu Pengeluaran Rutin mencatat pengeluaran yang mendukung hajat hidup kita setiap bulan dengan lebih detail.Pengeluaran ini meliputi pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar yang kita butuhkan. Kolom ini terbagi atas pengeluaran rumah tangga (Listrik, PDAM, gas, belanja bulanan, belanja ke pasar, galon, gaji asisten), Transportasi (ongkos, bensin, parkir, bengkel), keluarga dan anak (kiriman ke orang tua, spp anak, les anak, biaya rumah sakit), charity ( zakat, sedekah, anak asuh), dan lainnya (asuransi misalnya)

Yang terakhir adalah kolom pribadi. Kolom ini mencatat pengeluaran bersenang-senang. Seperti nonton di bioskop, jajan, beli dvd, beli baju baru, liburan, bayarin keluarga makan di luar, pulsa, internet (kalau ga dipakai untuk kerja), dan banyak lagi. Pokoknya semua pengeluaran yang menurut kita ga perlu dilakukan. Karena kalau tidak dilakukan kita masih bisa hidup baik-baik.Jadi pengeluaran ini tergantung orangnya.

Misalnya untuk saya semua kegiatan makan di luar masuk kategori pengeluaran pribadi. Karena sebenarnya kalau saya mau rajin saya bisa memasak makanan di rumah dan membawa bekal. tapi untuk anak kost yang kompor aja ga ada, makan di luar jadi pengeluaran rutin kan. Gitu. Jadi tergantung hati nurani dan kejujuran saja.

Terus gunanya buat apa sih? Pertama saya jadi tau uang-uang itu terbang kemana setiap bulan. Dari situ saya bisa mengevaluasi diri. Oh.. pengeluaran saya lebih besar di life style nya ketimbang menabungnya. Kedua saya lebih nahan diri setiap mau ngeluarin duit karena kepikiran proporsi tabungan yang baru 5% dari seluruh pengeluaran (harusnya minimal 10%)

Maknyus banget! kalau dulu setiap saya lapar dan sedang pelesiran saya pasti langsung beli makanan yang enak-enak (dan mahal tentunya) Sekarang setelah dicatat, saya lebih memilih menahan lapar dan baru makan kalau sudah sampai di rumah.

Silahkan mendownload formnya disini dan selamat datang di pengalaman yang membuka pengetahuan kantong anda. Jangan lupa proporsi 10-30-40-20 untuk tabungan, cicilan, rutin, dan pengeluaran pribadi yang sempat dibahas disini. Enjoy!

Post a Comment