SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

25 February 2011

Tagged Under: , ,

Iga Bakar Sapi Bali di Jogja

Share

Rupanya hotel tempat saya menginap selama di Jogja ini, Rumah Palagan, terletak di daerah wisata kuliner. Mungkin seperti daerah Dago di Bandung atau daerah Kemang di Jakarta. Sepanjang jalan berderet berbagai macam restoran yang semuanya direkomendasikan "Harus nyoba!" oleh teman-teman Jogja. Ada restoran kepiting, restoran pasta, restoran iga bali, dan masih banyak lagi. Hari pertama di Jogja saya mencoba Iga Bakar Sapi Bali yang terletak di Jalan Damai, daerah Kaliurang. Pemilik restoran ini memang orang bali dan pernah bekerja sebagai Executive Chef Hotel Hyatt Jogjakarta. Kebayang kan enaknya makanan-makanan di restoran ini.


Welcome drink di Rumah Palagan. Wedang Jahe. Enak

Best seller-nya adalah Iga Bakar bumbu bali. Jadi iga bakar inilah yang saya pesan, minumnya Lemon tea aja. Malas milih-milih.Yang pertama datang adalah nasi putih dengan taburan sayur urap mentimun beserta kummoh, kuah kaldu tulang. Sayur urapnya enak, krenyes-krenyes. Saya yang ga doyan mentimun saja habis. Soalnya bagian tengan mentimun yang lembek-lembek itu dibuang oleh mereka.





Tidak pakai lama, padahal restorannya sedang ramai, datanglah iga bakar bumbu bali pesanan saya. Iganya besar banget. Teman saya bahkan dapat yang lebih besar daripada iga yang difoto ini. Menurut saya sih ini jatah makanan dua orang dengan perut normal. Saya sih habis-habis saja tapi dengan susah payah dan tambahan "tas pinggang" saat pulang.



Sangking lunaknya bisa bersih gini. Ligamennya juga enak.

Iganya empuk banget. sangking empuknya dagingnya bisa diambil dengan sendok. Rasanya sarat rempah banget. Khas makanan Bali. Pedasnya sih ga terlalu. Bukan pedas cabe soalnya. Pedas pala. Jadi kalau mau pedas banget bisa minta khusus ke orangnya. Kalau ga suka makanan yang berbumbu bisa minta Iga Bakar Kecap yang rasanya lebih netral.

Saya juga mencoba sop iga bening yang (lagi-lagi) porsinya besar, bisa buat tiga orang. Isinya banyak. dagingnya empuk banget. Sayurannya matangnya pas jadi masih krenyes-krenyes dan seperti si iga bakar, sop bening ini bumbunya juga berasa banget. Pedas pala. Jadi ga begitu cocok buat anak kecil. Yang suka pedas bisa nyoba Sop Iga aja, ga pakai bening.


Terus saya juga nyicipin Gurame Senyum Manis. Kirain yang bakal datang gurame sebesar telapak tangan. Ternyata tidak. Satu gurame senyum manis bisa dimakan lima orang deh. Hahaha... ketipu terus nih. Kirain makanan Jogja porsinya kecil-kecil seperti nasi kucing. Ternyata yang ini porsinya Asterix dan Obelix.


Kemarin Karena saya datangnya malam dekorasi dan pemandangan di luar restoran tidak kelihatan. Sepertinya sih bagus. Dikelilingi sawah-sawah dan meskipun pengunjungnya banyak, suasana di dalam restoran tidak terdengar ribut. Jadi bisa ngumpul ramai-ramai sembari ketawa ngakak dengan puas.

Pelayanannya juga oke banget. Mereka dengan ramah menjelaskan menu-menunya dan saat saya salah memesan minuman dan minta ditukar mereka dengan baik menukarnya. Pengen makan disini lagi. Mau nyoba ayam betutunya, iga kecombrangnya, sop iganya, urutan (sosis bali) nya, bacem daging sapinya, dan berbagai macam minuman jamunya. Sayang mereka belum punya cabang di bandung. Adanya baru di jakarta dan Semarang.


Oh ya kalau mau sayur mayur harus nanya ke pelayannya. Soalnya menu sayurannya tidak tercantum. Saya sih pengen nyoba Lawar Kacangnya, seperti serundeng gitu.

Ice lemon tea


Alpukat

Jus mentimun dengan mint. Segar banget.

Harga
Iga Bakar IDR 35rb

How to get there

RM Iga Bakar Sapi Bali,
Jln Umbul Permai, Mudal, Sariharjo, Ngaglik,
Sleman, telp 0274-7858938 HP. 081215673700

Dari Tugu Jogja ke arah kaliurang melalaui jalan Monjali sampai ketemu Hyatt Hotel, ada pertigaan setelah Restoran PariPari. Belok kanan, setelah melewati Jimbaran, ada belokan ke Jl. Damai di sebelah kiri. Ketemu deh billboard "Sapi Bali"

Sapi Bali di Jakarta
Jalan Cibulan Raya No. 17A
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telpon: 021-727-86442

Sapi Bali di Semarang
Jalan Sibayak,
dekat Jl. Sisingamangaraja
dekat hotel Grand Candi
Telpon: 024 8315567
Post a Comment