SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

13 August 2011

Tagged Under: , , , , , , , ,

100 Langkah untuk Tidak Miskin

Share



Penulis : Ligwina Hananto ( @mrshananto ) Pemilik QM Financial 
Penerbit : Lentera Hati
Harga : Rp72.000 Saya beli di Rumah Buku. Lupa harga setelah diskonnya berapa. Kalau mau beli online di BukaBuku Rp 54.000 dan di Kutukutubuku Rp 61.200 
___________________________________________

Saya sudah lama pengen baca buku ini. Pengen banget. Tapi harganya lumayan jadi agak maju mundur jadinya. Gitu menerima gaji pertama dari tempat kerja yang sekarang sayapun langsung membelinya di Rumah Buku. Di TogaMas ga ada waktu itu. Begitu membacanya saya langsung jatuh cinta. Harusnya beli banyak, terus dibagiin ke Kakak, mama papa, dan handai taulan lainnya. Bagus banget. 

Buku ini membahas dasar-dasar perencanaan keuangan dengan bahasa yang sangat mudah dipahami. Memberi gambaran besar apa yang harus kita lakukan dengan uang kita. Karena itu saya butuh waktu lama untuk membacanya. Baca satu bagian, diem dulu.. narik nafas dulu.. nenangin hati karena sudah menyia-nyiakan penghasilan selama ini. Coba baca buku ini dari awal. Hiks. 

Buku ini juga cocok buat orang-orang yang ga suka baca panjang-panjang, seperti Anggi nya Icreativelabs, karena desain, layout, dan tipografinya mirip buku Your Job is Not Your Career-nya Rene CC. Bahkan saya yang ga ngerti layout ini berpendapat bukunya Rene CC itu buku lokal dengan layout terkeren yang pernah saya baca. Kalau merasa buku ini masih terlalu panjang.. bisa langsung melirik ke 100 check list yang diselipkan didalamnya. 100 langkah yang harus dilakukan agar kita menjadi golongan menengah yang kuat, yang bisa mempersiapkan masa depannya, dan yang bisa membantu orang lain.


Terus karena saya sudah punya penghasilan sendiri (Yay!! Checklist pertama bisa dicontreng) Sayapun meneruskan ke langkah berikutnya, yaitu:

  1. memisahkan pengeluaran bulanan dengan pengeluaran mingguan (sudah.. on progress untuk mentaatinya dan mengatur budgetnya. Sempat kedikitan sangking hematnya. Dan sempat berlebihan)
  2. pergi ke ATM seminggu sekali saja (on progress juga. Lagi dibiasain. Kadang-kadang ngelanggar gara-gara budget mingguan dibikin hemaaaat banget. Sekarang agak dilonngarin)
  3. mengerti cara kerja kartu kredit (intinya bayar lunas di akhir bulan kan?)
  4. utang kartu kredit lunas setiap bulan (errr secara ga punya KK ya.. jadi.. contreng! Hahaha)
  5. membayar pajak dan melaporkan SPT (baru punya NPWP jadi pastinya nanti bayar kan?)
  6. punya rencana keuangan sederhana buatan sendiri (sederhana itu ngatur cash flow aja kan? hihi)
  7. mampu membayar semua tagihan/biaya hidup sendiri (Belum! *lirik sumami*)
  8. punya dana darurat minimal sekali biaya hidup sebulan (on progress juga..)
  9. punya fasilitas kesehatan  yang cukup -dari kantor atau beli asuransi kesehatan sendiri- (Belum!)
  10. mampu beramal minimal 2,5% dari penghasilan bulanan 
  11. memiliki rekening belanja (belumm.. sekarang masih belanja sesuka hati)
  12. mampu menyisihkan 10% dari penghasilan bulanan untuk ditabung (on progress juga. lagi dibiasain. diitung hutang. pokoknya gitu dapat rapelan harus menuhin nominal yg harus ditabung)
  13. mengatur penghasilan tahunan dan pengeluaran tahunan (belum.. kan ditanggung sumami)
  14. mampu berlibur tanpa berutang (binun.. berliburnya kan dibiayai sumami)

Jadi dari 15 langkah itu, baru 6 yang sudah saya lakukan dan 4 yang on progress. Cih! Harus pasang target di akhir tahun 2011 ini kelimabelas langkah itu sudah saya contreng. Sebenarnya ada beberapa langkah lain yang sudah saya lakukan tapi berhubung eike perfeksionis wannabe mari kita komplitin per 15- per 15 ya..

Trus karena saya kejar setoran biar cepat beres keuangannya, saya menargetkan menabung 30% sebulan. Sekarang sih baru belajar 20% dulu, 10% tabungan untuk Dana Darurat dan 10% investasi di RD. Sisanya nanti pas rapelan turun.

Dan ini RD pertama yang saya beli pakai uang sendiri. Nitip belinya sih ke Bapak Sumami. Karena beliau yang punya rekening Commonwealth nya . Kenapa Commonwealth? Karena setelah keliling-keliling ke berbagai bank, customer service yang paham benar dengan reksadana ini hanyalah Commonwealth. Bank lain malah bingung-bingung cantik.


Berhubung pakai rekening bapak sumami sepertinya saya perlu meminta beliau membuat surat wasiat yang mencantumkan data lengkap akses ke rekening ini. In case yaaaa, kebanyakan koding bikin beliau kena amnesia mendadak. #sinetron.


Jadi gitu dapat gaji 10% langsung saya transfer ke ATM Tabungan. 10% ke commonwealth (bbm sumami,  minta dibeliin RD, terus print screen bukti pembeliannya. Bwahaha). 5% zakat. Pisahin pengeluaran bulanan (kostan,pulsa, belanja bulanan, vitamin, etc). Sisa di ATM cuma untuk pengeluaran mingguan (makan, laundry, galon, jajan, transportasi, belanja mingguan macam buah,susu,cemilan) dan sisa pengeluaran mingguan itu yang saya anggap budget belanja. Harusnya dipisahin sih ya.. biar belanjanya ga lebai. Hihi. 


Terus saya juga sedang tertarik mengadopsi buku lain Ligwina, Plan Now! (bisa dibeli di Buka Buku dan Kutukutubuku seharga Rp29.750) Ayo yang mau mulai merencanakan keuangan sendiri. Silahkan dibeli bukunya.

Kata Saya


Buku ini wajib punya buat yang orang-orang yang ingin tahu bagaimana mengatur sendiri keuangannya. Wajib punya juga buat orang-orang yang mau hidupnya terjamin. Rezeki itu memang Allah yang kasih. Kalau sudah dikasih Allah, kewajiban mengaturnya terletak di tangan kita. Diatur biar hidup kita tidak menyusahkan orang lain, bahkan bisa membantu orang lain. Yuk dibeli!
Post a Comment