SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

20 October 2014

Tagged Under:

Ikan pepes tanpa daun pisang

Share

Saya kalau lagi rajin atau lapar, jadi senang masak. Masak jaman sekarang itu kan gampang.. tinggal googling resep, ikutin, jadi deh. Cuma meskipun rasa lapar sering datang, rasa rajinnya jarang datang.. jadinya saya suka takut kalau mau invest perslatan makan yang canggih-canggih. Takut cuma kepakai sekali.

Jadi peralatan masak saya standar banget. Wajan beli di pasar, panci beli di pasar, wajan hadiah, dan talenan pasar. Bahkan kukusanpun saya baru punya sekarang-sekarang. Dulu ngukus itu pakai metode alat buat ngangkat gorengan ditaruh di atas panci. Fotonya kemana ya..

Sampai akhirnya agak berani beli presto dan hepicall. Alhamdulillah dua ini lumayan kepakai buat bikin apapun yang lunak-lunak dan apapun yang bakar-bakar. Sempat bikin brownies hangus pakai hepikol.. hahaha.

Nah kemarin saya kepengen bikin pepes ikan, tapi males ngambil daun pisang. Jadinya mau dikukus aja di mangkok. Terus baru ngeh kalau saya belum punya pinggan anti panas. Dulu pernah pakai mangkok untuk tempat kukusan.. dan mangkoknya sukses kebelah jadi dua. Hahaha.

Mikir-mikir mau pakai apa... sampai mata saya bertatapan dengan panci kecil yang sudah patah pegangannya. Oke.. itu aja. Kalau panci kan musti kuat dikukus. Dan sukses! Hore!!!

Pepesnya gimana? Sukses sih.. cuma itu.. lupa ngalasin tutup panci kecilnya pakai kain biar air ga netes... jadinya malah agak becek. Next time...

Ini resep ikan pepes tanpa daun pisangnya

Bahan:
6 potong ikan, lumurin dengan garam dan air perasan jeruk nipis
Serai
Daun kemangi
Gula garam

Bumbu:
Haluskan
6 siung bawang putih
6 siung bawang merah
Seruas kunyit
Kemiri yang disangrai (saya tadi ga pakai.. ga ada stoknya)
Cabai merah dan cabai rawit secukupnya.

Cara:
Campur bumbu halus dengan ikan, masukkan serai dan daun kemangi serta gula garam. Aduk. Kukus selama 25 menit.

Jadi deh. Gampang kan?

Jadi.. saya udah boleh ngajuin proposal beli pinggan tahan panas nih?


Post a Comment