SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

04 June 2015

Tagged Under: ,

Ayam Bumbu Cacah

Share

Selain cireng, cimol, cilok, cakue, odading, dan cokelat saya juga jatuh cinta dengan makanan yang menggunakan irisan batang serai atau daun kemangi yang dirobek-robek. Saya suka wanginya. Suka renyahnya. Suka wanginya (lagi). Kalau daun serai sama kemangi bisa dijadiin pengharum ruangan macam aroma roti yang suka digunakan di toko-toko roti, niscaya nafsu makan saya nambah. 

Karena itu saat melihat resep gampang ini di majalah Kartini, setelah menghayati membaca rubrik Oh Mama Oh Papa nya, saya bertekad akan mencobanya. Dan ternyata... enak. Banget (ya iya masakan sendiri). Dan gampang. Banget. Ga perlu blender. Cuma perlu wajan, kompor, dan gas. Cocok buat anak kostan atau emak-emak yang harus menyiapkan sahur.

Tapi sebelumnya mohon maaf karena ga ada fotonya. Keburu habis. Nyonyah nafsu makannya.

Bahan:

  • 1 ekor ayam potong kecil (saya menghindari potongan paha, soalnya suka ga matang di dalam kalau ga pakai metode ungkep-ungkep gitu)
  • jeruk nipis dan garam untuk melumuri ayam biar ga amis. Kalau ga ada jeruk nipis bisa di skip. Cukup garam saja
  • 5 buah jeruk limau atau sesendok cuka masak aja kalau ga ada. 
  • terasi setengah sendok teh. Disangrai dulu.
Bumbu yang diiris kasar (or you can use chopper instead):
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 lembar daun jeruk atau daun salam. Yang ada di dapur aja. Tulang daunnya dibuang dulu. Tulang punggung dipeluk aja.
  • 2 batang serai, yang putihnya aja. I uses more of course. 
  • Saya menambahkan irisan cabe rawit biar agak pedas.
Cara membuat:
  1. Di resep aslinya ayam digoreng hingga coklat dan dibakar hingga harum. Karena takut bumbunya ga meresap hingga ke tulang ayam (bukan tulang punggu), saya memutuskan hanya menggoreng ayamnya sebentar. Biar ga amis aja.
  2. Aduk semua bumbu yang diiris kasar dalam sebuah mangkok.
  3. Panaskan minyak.
  4. tumis semua bumbu dan terasi hingga harum
  5. Masukkan ayam. Aduk. Tunggu sampai matang.
Gampang kan? Kan? Selamat mencoba.
Post a Comment