SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

23 June 2015

Tagged Under: , ,

Homemade Playdough dan Cat Finger Painting

Share


Karena banyak sisa tepung terigu setelah masak Chicken Cheese Steak kemarin, saya tiba-tiba pengen nyobain bikin play dough. Dari jaman Jendral Kancil TK niat bikin play dough sendiri ini sudah muncul.. cuma ya ketunda melulu. Akhirnya weekend kemarin dipaksa bikin. Kalau ga.. keburu anaknya kuliah baru emaknya bikin. 

Dan karena sempat baca kalau tepung terigu juga bisa dibuat jadi bahan finger painting yo wes sekalian aja. As always ya.. resepnya dicatat di sini biar emaknya gampang nyari.


Cat Finger Painting

Bahan:
  • air 2 gelas
  • tepung terigu setengah gelas
  • gula 2 sendok makan
  • garam 1 sendok makan
  • vanili seujung sendok teh. vanili ini untuk menghilangkan bau tepungnya.
  • pewarna makanan, teorinya sih cukup beli tiga warna dasar saja (merah, kuning, hijau) selanjutnya tinggal dicampur-campur untuk mendapakan warna lain. Sekalian anaknya belajar. Cuma berhubung di warung dekat rumah cuma ada dua warna (hijau dan kuning) ples perasa mangga yang berwarna orange, yo wis lah gak masyalah. Koki yang hebat itu kan yang bisa mengubah apa saja jadi luar biasa kan? Kan? Dan menurut saya sepertinya lebih wangi kalau pakai perasa makanan daripada pewarna makanan. Jadi selanjutnya warna hijau bisa dari pandan, dll. 
Cara membuat:
  1. siapkan panci kecil, tuangkan air, tepung, gula, garam, dan vanili
  2. panaskan dengan api kecil. Aduk terus hingga mengental. Ini ngaduknya ga bisa ditinggal karena takut gosong.
  3. Setelah mengental (teksturnya seperti bubur sumsum) masukkan ke dalam wadah-wdah kecil sesuai jumlah warna yang diinginkan. 
  4. teteskan pewarna makanan (setetes saja awalnya.. kalau masih kurang menor ditambah lagi) lalu diaduk-aduk. Simpan di kulkas buat dipakai saat dibutuhkan.
Play dough

Bahan
  • tepung terigu
  • minyak goreng
  • air
  • vanili
  • pewarna makanan
Cara membuat
  1. campur tepung terigu dengan air dan vanili, ulenin sampai menyatu.
  2. tambahkan minyak goreng, ulenin lagi sampai kalis (adonannya menyatu dan bisa diangkat dari baskom dengan mudah)
  3. pisahkan adonan sesuai jumlah wrna yang diinginkan.
  4. tambahkan pewarna makanan dan adonin lagi sampai warnanya merata. Bisa ditambahkan air atau tepung kalau teksturnya belum sesuai keinginan kita
  5. Kemarin saya menakar bahannya benar-benar pakai perasaan.. kalau airnya kebanyakan ditambahin tepung, kalau tepungnya kebanyakan ditambahin air, kurang kalis tambahin minyak, dstnya.
  6. Jadi deh.. tinggal disimpan di kulkas.
Yang heboh main malah Jendral Kancil dan temannya. Sibuk ngecat-ngecat dinding (sambil komentar jijik sama tekstur catnya), padahal sudah dibilangin gambarnya di kertas.. tapi ya sudahlah. Captain Kid hebohnya cuma pas bikin aja. Nyampurin warna, nuang-nuang air, dan bikin lantai dan badan emak ijo-ijo. Begitu jadi.. anaknya malah main air di wastafel. Diajakin main dough malah ditempelin ke dinding.. niru kakaknya yang ngegambar di dinding. Diajakin foto malah kabur, makanya ga ada fotonya. 

Ya sudahlah.. yang penting mission accomplished lah ya.. jadi emak-emak kekinian.. bikin play dough dan cat sendiri yang aman bagi anak-anak. Bwahahhaa. 

Btw setelah bikin beginian emak-emak harus manicure ke salon.. kuku eike jadi kuning-kuning geuleh. *dikeplak suami.. mahalan salonnya ketimbang beli di toko*
Post a Comment