SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

14 September 2015

Tagged Under: ,

Panduan Mudah PUPNS

Share

Terlepas betapa saya misuh-misuh melihat "ajakan" BKN untuk mendaftar ulang di PUPNS, oh.. i will write about it later, saya berusaha berpositif thinking saja kalau ini memang perlu dilakukan dan marilah kita lakukan. Namun karena keburu misuh-misuh dua kali di Facebook soal PUPNS ini, beberapa kenalan saya di Facebook berpikir saya paham soal PUPNS, padahal saya sendiri belum berhasil mendaftar meski sudah berkali-kali mencoba. Salah satu oditi bahkan berpikir saya kerja di Badan Kepegawaian Daerah. Ya.. ya.. mari diaminkan jadi pegawai BKD Bandung apa London gitu. 

Apa sih PUPNS ini?
PUPNS adalah kegiatan pendataan ulang PNS yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara berkala  untuk memuktahirkan, melengkapi, dan memastikan kebenaran data kepegawaian milik BKN. Kegiatan ini kata BKN minimal dilakukan 10 tahun sekali dan terakhir dilaksanakan pada tahun 2003. Dan ini pertama kalinya dilakukan secara online.
Ya mari silahkan dikomen selama ini kemana ajeee? Data-data kemarin dikemanain?

Kalau ga melakukan PUPNS sanksinya apa nih?
Kata BKN nya sih, dianggap berhenti/pensiun dini. Tapi.. kalau merujuk ke Peraturan Kepala BKN no 19 tahun 2005, sanksinya "hanya" data pegawai yang tidak mendaftar dikeluarkan dari database sehingga pelayanan kepegawaian (seperti mutasi) tidak dilayani BKN. 
Terus ngapain "ngancam" dianggap berhenti segala? Mungkin menurut BKN ancaman diberhentikan lebih mampu menggerakkan PNS. Kalau terbukti iya, seharusnya PNS berkinerja buruk dipermudah saja pemecatannya. Eaaaa.


Kapan nih batas waktunya?
Pendaftarannya dilakukan mulai tanggal 1 September hingga 30 November 2015.
Apah? Bentar lagi dong?!!

Iyes.. makanya buruan daftar di http://pupns.bkn.go.id/ lalu klik register di pojok kanan. 

halaman awal pupns.bkn.go.id. KLIK REGISTER

Kog webpage-nya ga available? 
Ya harap maklum ya, kan yang akses ribuan bahkan jutaan orang, jadi wajar saja kalau server dan badwithnya tidak dipersiapkan dengan matang  websitenya down. Harus menunggu jam-jam yang tidak sibuk, which is tebak-tebak buah manggis. Kalau beruntung ya bisa masuk, kalau ga ya coba lagi. Kan kata Humas BKN kita harus sabar dan tawakal, jangan mainan youtube dan facebook saja. 

Eh Alhamdulillah bisa masuk. Selanjutnya apa nih?
Sujud syukur dong. Langka nih.. *dikeplak BKN karena nyinyir beut*.

KLIK DAFTAR

Silahkan klik "Daftar", lalu kita akan menemui halaman registrasi seperti ini

Masukkan NIP baru lalu KLIK CARI dan masukkan email lalu KLIK LANJUT

Di halaman registrasi, masukkan NIP baru yang panjang itu, lalu klik "Cari". Secara otomatis nama dan instansi kerja anda akan muncul. Kalau sudah benar masukkan email dan klik "Lanjut"

Kalau salah silahkan klik tanda tanya.

setelah mengklik "Lanjut", anda akan diminta memasukkan password, nama ibu kandung, pertanyan pengaman jika lupa password dan kode captcha. Setelah memasukkan semua data dengan benar, klik "Register".


Isi semua data yang diminta lalu KLIK REGISTRASI

Selanjutnya akan muncul tampilan yang menyatakan registrasi sukses dengan nomor registrasi tertentu. Silahkan nomor registrasinya disimpan karena ini yang akan kita gunakan untuk login-login selanjutnya.

Sukses!!

Anda selanjutnya diminta untuk mencetak tanda registrasi untuk diberikan kepada verifikator di instansi masing-masing. Klik "Cetak" untuk mencetak. Ya iyalah ya....

Hasil cetakannya seperti ini. Bagian atas akan diserahkan ke Verifikator di instansi masing-masing (di saya bagian SDM Pusdiklat) sedangkan bagian bawah untuk dokumen saya.

Silahkan diprint dan diserahkan ke bagian SDM masing-masing

Kog saya mau mencek status dan login ga bisa?
Ya karena belum diverifikasi. Jadi baru bisa cek status dan login jika dan hanya jika sudah diverifikasi bagian SDM masing-masing katanya sih paling cepat dua hari kerja saja.


Lalu setelah itu?
Ya harap menunggu dengan sabar ya. Setelah status kita aktif kita baru bisa memasukkan data-data yang diminta. Sekarang mari makan bakso tulang kikil babat ceker saja. 

Sampai ketemu di postingan PUPNS selanjutnya kalau status saya sudah aktif ya.

Psst... screen capture di mac itu apa sih? *dikeplak Suami Prohemer*
Post a Comment