SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

25 December 2015

Tagged Under:

Resep ayam Cola mudah dan gampang. Suer.

Share

Udah beberapa bulan ini Jendral Kancil berhenti aikido. Alasannya sih karena udah setahun lebih ga naik sabuk. Teman-temannya udah jadi sabuk biru, dia masih hijau aja. Memang waktu itu sering ga masuk karena kena tipes dan habis sunat. Jadi kita masih maklum lah kalau anaknya ga grading-grading. Tapi tunggu punya tunggu sampai setahun lebih kog ga gradding juga padahal latihan terus. 

Mamak sih maunya terusin aja. Biar belajar tuntas. Bapaknya yang mempertimbangkan perasaan Jendral Kancil.. pasti sedih kalau ga gradding-gradding saat temannya naik terus. Mana alasan ga graddingnya ga jelas kenapa, jadi kita bingung yang harus diperbaiki apa. Jadi.. bye aikido. 

Selesai aikido, kita yang sedang nyari kegiatan bela diri lainnya ketemu sama sepupu saya yang ngelatih silat syariah. Saya ga tau ini bela diri apa.. yang saya tau ini silat tapi dihilangkan unsur-unsur yang kurang islaminya. Ritual yang tidak sesuai akidah ditiadakan. Yuk bungkus. Latihannya seminggu sekali aja di dekat rumah. Dan biar ramai kita ngajakin anak-anak kompleks buat ikutan. 

Karena mereka latihan setiap hari minggu, nyonya jadi harus nyiapin sarapan berat saat weekend. Ga ada lagi cerita peluk-pelukan sampai siang lalu memutuskan makannya beli aja. Sekarang harus sudah masak.. pagi-pagi. Keren kan ya. 

Nah minggu kemarin Jendral Kancil minta dimasakin ayam cola. Rupanya udah ga bosan sama ayam. Ayam cola ini masakan kesukaan Jendral Kancil namun entah kenapa kog ga pernah ditulis di blog. Nanti kalau ada calon menantu mau masakin dan bingung piye? 

Okay.. ini resep gampangnya. Ga pakai banyak bumbu dapur dan ga pakai panggangan. Yang banyak cuma saos botolan. 

Bahan
1. Ayam setengah kilo. Potong kecil kecil biar hemat. Biar kesannya banyak. #makirit 


2. 5 siung bawang putih diparut. Saya doyan bawang putih jadi suka banyak makainya. 
3. 1 ruas jari jahe. Parut juga. Ga usah dikupas. Cuci langsung parut. 
4. Setengah bawang bombay diiris. 


5. 3 sdm Sambal tomat
6. 2 sdm Kecap asin
7. 2 sdm Saus tiram
8. 1 sdm Kecap manis
9. 1/2 sdm minyak wijen. Jangan kebanyakan. Rasanya aneh kalau kebanyakan. 
10. Merica dan garam.
11. Tepung crispy
12. 200ml coca cola.



Cara membuat:
1. Balur ayam dengan tepung crispy. Lalu goreng sampai matang. Angkat. 
2. Tumis bawang dan jahe hingga harum.


3. Masukkan semua saus-saus. Aduk sebentar. 
4. Masukkan ayam. Aduk. 
5. Tuang coca cola. Aduk. 
6. Masukkan merica dan garam. Aduk. Cicipin. 


10. Ungkep sampai kuah mengental. Jadi deh. 

*Kalau ayamnya digoreng langsung tanpa tepung bisa kog. Saya goreng crispy karena apapun yang digoreng crispy itu membangkitkan selera Jendral Kancil
** kalau mau dipanggang, ayamnya ga usah digoreng sebelum dicemplungi ke saus dan ke cola. Dimasak langsung. Ungkep agak lama. Baru panggang. 

*** kalau mau pedas tambahkan irisan paprika di akhir-akhir.
Post a Comment