SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

04 December 2015

Tagged Under:

Resep Mudah Lele Bumbu Kuning

Share


Jendral Kancil lagi bosan makan ayam. Gaya memang anak ini. Dulu, saat jadi anak kost, saya bosan makan tahu tempe dan menanti jadwal makan ayam yang cuma seminggu sekali itu. Lah ini kalau sama ayam saja bosan, saya kudu bikin apa lagi? 

Di warung dekat rumah cuma tersisa ikan lele. Saat ditanyakan ke Jendral Kancil dia katanya mau makan lele. Anaknya mau, emaknya gentar. 

Sebagai anak laut, saya ga doyan makan ikan tawar. Termasuk lele. Selain tidak suka dengan tekstur dagingnya yang lembut, saya juga geli dengan penampakannya. Nah, karena geli.. mengolah ikan lele ini jadi ajang uji nyali buat saya. 

Jadilah kemarin saat mau tidak mau harus membersihkan ikan lele, saya memikirkan bagaimana meminimalisir sentuhan kulit antara saya dan si lele. Soalnya waktu memberanikan diri menyentuh langsung, saya geli. Merinding disko. Badan lele licin-licin gitu ya. Yuck!



Karena setelah dipelototin berkali-kali Lelenya ga mau diam dan membersihkan dirinya sendiri, saya menggunakan plastik kresek sebagai sarung tangan dan jepitan botol untuk menahan si lele. 

Dan agar gelinya tidak berkepanjangan, mari dipenggal saja kepalanya. Biar wujudnya tidak lele sekali. 

Selesai dibersihkan saya mulai mencari resep Lele Bumbu Kuning Mudah di google. Kenapa ditambahin kata "mudah"? Biar bumbu yang digunakan seminimalis mungkin. Soalnya semakin banyak bumbu yang diperlukan, semakin besar peluang saya batal memasak. Keburu takut sama banyaknya bumbu yang dibutuhkan. 

Resep Lele Bumbu Kuning ini misalnya, kalau mau agak repot bisa ditambahkan cabai, serai, lengkuas, daun salam, dan ketumbar. Bawang putihnya pun ada yang diparut ada yang dihaluskan. Ya Rabbi. 

Kalau ditambahkan keyword "mudah", resepnya jadi sederhana sekali. Seperti ini:

Bahan:
  • 4 ekor lele ukuran kecil
  • garam 
  • cuka atau jeruk nipis
  • tepung crispy merk apa saja (ini tambahan saya karena apapun yang digoreng crispy akan memancing selera makan Jendral Kancil.)

Bumbu yang dihaluskan:
  • 5 siung bawang putih
  • 2 buah kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe

Cara membuat
  1. bersihkan ikan lele lalu rendam dengan garam dan perasan jeruk nipis, biar ga amis.
  2. tumis bumbu halus, sampai wangi.
  3. masukan ikan ke tumisan bumbu. Aduk sebentar. Tambahkan sedikit air. Ungkep sebentar agar bumbu meresap. 
  4. Angkat lele lalu gulingkan di tepung crispy.
  5. Goreng sampai matang. Selesai deh.
Hasilnya bagaimana? Kata Jendral Kancil enak. Crispynya apalagi, dicemilin terus. Meski enak, yang dimakan cuma satu ikan sih. Iya satu aja. Sisanya dikasih ke kucing karena saya dan suami ga doyan lele. Dan setelah crispynya dicemilin, Jendral Kancil ga mau makan lelenya lagi. Bagus. 
Post a Comment