SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

13 December 2017

Tagged Under: ,

Flip, Transfer Antar Bank Tanpa Biaya

Share

Ya ampun... ke mana saja. Bwahaha. Bwahaha. Untunglah saya mencoba Flip jadi ada postingan baru di blog ini. Btw, kalau yang kangen dengan cerita emak-emak ini silahkan follow instagram saja. Lebih update di situ, saat ini. Diprivate sih, soalnya banyak foto anak-anak, tapi asal nama akunnya bukan online shop, saya approve semua kog. 


Saya ini penggemar online shop, soalnya bisa dengan gampang membandingkan harga, hemat waktu, hemat tenaga, juga hemat ongkos makan. Pernah beberapa kali kecele sih, mulai dari bahannya tidak sebagus bayangan sampai uang hampir dibawa kabur. Cuma ya ga kapok karena lebih banyak cerita suksesnya ketimbang gagalnya. Apalagi sekarang penjualnya baik-baik, kenalan di instagram, tanya-tanya di whatsapp, lalu transaksi di marketplace, seperti tokopedia, bukalapak, atau shopee. Jadi kecil kemungkinan ketemu penjual yang mangkir. Nah, karena seringnya bertransaksi lewat marketplace yang punya rekening di berbagai bank, saya belum tertarik menggunakan Flip meskipun sudah lama melihat kemunculannya. Tiap bulan paling cuma lima rekening beda bank yang rutin ditransfer. Paling? Biaya transfer itu kesannya kecil ya, cuma Rp6.500. Tapi kalau ada lima rekening seperti saya saja biaya transfernya sudah Rp30ribu lebih. Lumayan buat beli pulsa. 

Karena merasa cuma Rp6.500, saat pertama kali mendengar tentang Flip yang menawarkan jasa transfer antar bank bebas biaya, saya tidak tertarik. Sampai ketika awal bulan Desember saya perlu mentransfer Rp18ribu saja ke bank lain. Biaya transfernya sepertiga aja dong. Baru deh mikir untuk memakai Flip dan saya suka. SUKA. Sangking sukanya sampai ingin membagi di blog.

Soalnya pakai Flip ini mudaaaah banget. Penjelasannya detail dan enak dibaca. Kalau bingung, hotline centernya juga responsif. Suka deh. Sangking mudahnya saya bertanya-tanya jangan-jangan bikin postingan soal flip ini ga guna. Hahaha. Yah semoga berguna ya, minimal kebayang bagaimana penggunaannya.

-->
Cara Kerja Flip Gimana Sih?

 

sumber: web Flip

Flip punya rekening di berbagai bank. Saat kita ingin mentrasfer beda bank, kita cukup mentransfer ke rekening flip yang sama dengan bank kita. Nanti Flip yang akan mengirimkan uang ke rekening bank lain.

Ada Biaya Transfernya?

Flip punya tiga tipe layanan; Reguler, Flip+, dan BigFlip.
  • Reguler, Gratis!! Tapi limit transaksi hariannya cuma Rp5juta.
  • Flip+ biayanya Rp2.500 per transaksi (mureh yeeee, bank aja Rp6.500 cuy), ga ada limit harian. Cuma per transaksi minimal Rp20juta.
  • Bigflip, untuk perusahaan-perusahan. 

Menurut saya sih untuk penggunaan mamah-mamah pendonor online shop layanan yang reguler, ini udah cukup banget. Kalau limitnya sudah lebih dari Rp5jt ya tinggal menunggu esok hari. Biar ga kaget lihat saldo yang tiba-tiba kosong gitu kan ya Bu-Ibu. Yay banget kan bu ibu?

Aman Ga Sih?

Flip berada di bawah pengawasan Direktorat Inovasi dan Inkubasi Universitas Indonesia, sudah berstatus PT, dan sudah terlisensi oleh Bank Indonesia. Jadi insyaallah aman ya bu-ibu. Data pengguna juga sudah dilindungi sehingga tidak bisa dipakai oleh pihak luar. Tenang kan ya. 

Bank yang Disupport Apa Saja?

Saat ini sudah ada bank-bank berikut:


Rasanya sih bank-bank yang umum udah ada semua ya. Kalau bank ibu-ibu belum ada, tidak perlu khawatir, nanti ada voting untuk menentukan bank lain.

Kalau ga ada juga? Pakai rekening suami aja. Saldonya juga pakai punya suami. Hahaha. Nanti yang didaftarkan suami. 

Menarik kan... Jadi ingin daftar kan ya? 

Cara daftarnya mudah banget. Mudah banget. Banget. Cuma perlu tiga tahap saja.

1. Buat akun di flip.id
  
Untuk membuat akun, hanya diperlukan username dan email. Atau lebih gampang lagi, kita bisa daftar pakai akun facebook. Ya ampun. Mudah ya.

2. Verifikasi data di website

Setelah terdaftar, selanjutnya kita masuk ke Flip, dan memasukkan data diri berupa nomor telepon. Nah nanti kita akan mendapatkan kode verifikasi.

Setelah memasukkan kode verifikasi kita tinggal memasukkan nomor identitas dan data-data identitas. Selesai deh.

3. Verifikasi tatap muka di Alfamart

Sesuai peraturan Bank Indonesia, pengguna Flip harus "melaporkan diri" ke Alfamart terdekat dengan membawa KTP dan uang Rp4ribu. Verifikasinya ga perlu jauh-jauh kog, ke Alfamart yang ada di daftar mereka.

Waktu saya mendaftar, saya menggunakan KTP Bandung dan berlokasi di Jakarta Selatan. Jadi memilih Alfamartnya yang ada di Jakarta Selatan. Alfamartnya banyaakkkkkk. Tinggal pilih dari daftar yang sudah ada. Kalau tidak ada di daftar berarti ga bisa ya.

Selesai deh. Setelah itu kita sudah bisa menggunakan jasa transfer Flip. Insyaallah langkah-langkahnya mudah dan sangat jelas di website Flip. Kalau bingung bisa baca tutorialnya di sini ya. 

 -----


Ya ampun.. panjang ya. Cara transfer uangnya dipostingterpisah deh. Biar saya bisa ngubek-ngubek online shop dulu. Masih banyak diskonan Harbolnas nih. Bhikik.

Post a Comment